Cara Membedakan Bawang Merah Asli dan Palsu

 Cara Membedakan Bawang Merah Asli dan Palsu

Naviri Magazine - Setelah sempat dihebohkan dengan keberadaan beras palsu, kini Indonesia kembali dihebohkan dengan kemunculan bawang merah palsu. Yang disebut bawang merah palsu sebenarnya bumbu masak jenis bawang bombai mini dari India. Artinya, bukan bawang merah yang mungkin terbuat dari plastik.

Bawang bombai mini dari India sekilas memang mirip bawang merah seperti yang biasa kita kenali. Namun, tentu saja, bawang bombai mini bukan bawang merah. Itulah yang disebut bawang merah palsu, yang kini menjadi bahan pembicaraan.

Dalam modus operandi yang dilakukan, bawang bombai mini dicampur dengan bawang merah yang asli, sehingga pembeli bisa tertipu. Alasan pencampuran itu karena bawang bombai mini memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga bawang merah asli. Dengan mencampurkan bawang bombai mini ke bawang merah, diharapkan bisa memberi keuntungan lebih. Namun pembeli jelas dirugikan.

Lalu bagaimana cara mengenali dan membedakan mana bawang merah yang asli, dan mana bawang merah yang palsu?

Bawang merah (Allium cepa var. aggregatum) secara kasatmata sebenarnya mudah dikenali. Namun, invasi si bawang bombai mini (Allium cepa Linnaeus) cukup membuat keberadaannya jadi diragukan.

Meskipun begitu, ada cara mudah untuk membedakan keduanya. Misalnya saja dengan mengenali warnanya. Bawang bombai mini memiliki warna merah keunguan yang lebih terang dibandingkan produk lokal yang tampak lebih pucat.

Jika dibelah secara horizontal, bawang merah lokal akan terlihat memiliki beberapa siung umbi di dalamnya. Sedangkan bawang bombai mini hanya memiliki satu siung saja.

Bawang bombai merah impor, baik yang ukurannya kecil sampai yang besar, memiliki pH air lebih tinggi, atau jenis bawangnya lebih basah. Sementara bawang merah memiliki tekstur yang lebih padat dan kering.

Jika dimasak, bawang merah lokal pun mampu mengeluarkan aroma yang lebih harum ketimbang bawang bombai mini.

Baca juga: Negara-negara Penggila Sambal Terasi

Related

Tips 4070742252822124929

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item