Cina, Negara dengan Pengguna Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Cina, Negara dengan Pengguna Mobil Listrik Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Mobil listrik digadang-gadang menjadi pengganti mobil berbahan bakar fosil, karena dianggap lebih baik dalam hal menekan polusi yang saat ini menjadi masalah global. Jika mobil berbahan bakar bensin menggunakan sumber daya fosil yang menghasilkan asap dan polutan, mobil listrik dinilai lebih baik dalam hal kebersihan lingkungan.

Karena latar belakang itu, berbagai negara pun mulai menggalakkan penggunaan mobil listrik. Dalam hal ini, Cina menjadi negara dengan populasi mobil listrik paling besar di dunia, mengungguli Amerika Serikat.

Sebanyak 468 ribu mobil penumpang dan 198 ribu kendaraan komersial jenis BEV (Battery Electric Vehicle) terjual di Cina selama 2017. Sedangkan mobil tipe plug-in hybrid jumlah penjualannya lebih kecil, yakni 111 ribu mobil penumpang dan 14 ribu unit kendaraan komersial.

Melesatnya populasi mobil listrik di Cina dipicu kebijakan pemerintah yang berpihak pada konsumen dan produsen kendaraan. Pada awal 2018, pemerintah Cina menaikkan subsidi harga menjadi 50 ribu yuan (senilai Rp 107 juta) untuk mobil listrik dengan jarak tempuh 400 km atau lebih.

Sementara itu, subsidi untuk mobil full EV dengan jarak tempuh minimal 300 km nilainya tetap 44 ribu yuan (senilai Rp94 juta). Subsidi harga tersebut tidak berlaku untuk mobil listrik yang memiliki kemampuan jelajah di bawah 150 km.

Sistem subsidi mobil listrik sudah dilaksanakan Cina sejak 2010. Pemerintah kota di Beijing dan Shenzen bahkan memberikan subsidi tambahan insentif untuk mereduksi harga mobil listrik di wilayahnya. Namun, jumlah subsidi yang diberikan dibatasi tidak melebihi 50 persen dari jumlah subsidi pemerintah pusat.

Ihwal infrastruktur pendukung operasional mobil listrik, pemerintah Cina sudah menyebar 171 ribu stasiun pengisian daya listrik di pelbagai tempat. Sehingga pengguna mobil listrik tidak khawatir kehabisan baterai di tengah perjalanan.

Baca juga: Negara-negara yang Telah Banyak Menggunakan Mobil Listrik

Related

Automotive 8614369852542194248

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item