Mengenal RFT, Ban Mobil yang Tetap Bisa Dipakai Meski Kempis

 Mengenal RFT, Ban Mobil yang Tetap Bisa Dipakai Meski Kempis

Naviri Magazine - Saat mengendarai mobil, masalah yang bisa datang sewaktu-waktu adalah ban kempis di tengah jalan. Mengempisnya ban bisa terjadi karena berbagai hal, dan itu artinya Anda harus menepikan mobil, lalu mengganti ban yang kempis dengan ban cadangan. Meski mungkin sepele, namun urusan mengganti ban di tengah perjalanan kadang bisa merepotkan.

Karena latar belakang itu, produsen mobil kemudian menciptakan ban RTF (run flat tire), yang memungkinkan pengendara mobil bisa tetap melaju, meski ban mengempis. Secara sederhana, RFT adalah ban yang masih bisa dipakai menempuh jarak tertentu walau kempis.

Dengan demikian, pengguna ban jenis ini tak perlu menghentikan kendaraan ketika ban terasa kurang angin atau kempis. Mereka bisa tetap mengendarai mobil ke bengkel terdekat sehingga keamanan pengemudi dan penumpang tetap terjaga.

RFT biasanya sudah menjadi kelengkapan standar pada mobil-mobil mewah produksi Eropa, seperti BMW, Mini, dan Mercedes-Benz.

Bagaimana teknologi ini bekerja?

Teknologi RFT memiliki kemampuan tetap menjaga laju mobil, meski dalam kondisi ban mobil Anda kempis total. Kecepatan yang dipacu tentunya terbatas, yakni maksimal 80 km/jam dengan daya jelajah sejauh 50 mil (80 km).

Pendek kata, Anda sebagai pengemudi masih dapat memacu mobil hingga menemukan bengkel terdekat. Anda tak perlu lagi berhenti di bahu jalan untuk mengganti ban dengan ban cadangan.

Selain itu, penggunaan RFT juga membuat bobot mobil Anda terpangkas. Pasalnya, membawa ban cadangan tentunya akan membuat bobot mobil Anda lebih berat.

Secara teknis, dijelaskan bahwa ban yang mengadopsi teknologi ini memiliki dinding dengan lapisan khusus, untuk menjaga tekanan ban ketika ban kempis. Itu adalah konstruksi kompon super keras yang menjaga ban, dan memungkinkan Anda tetap mengemudi dengan aman.

Lalu, bagaimana Anda mengetahui bahwa RFT Anda telah kempis?

Ada sebuah sistem yang dikembangkan manufaktur mobil untuk mengetahui kondisi ban melalui fitur pemantau tekanan ban (tyre pressure monitoring system/TPMS) di dasbor mobil. Anda bisa mengetahui ban Anda kempis dan dapat mengendalikan laju mobil sesuai batas kecepatan maksimal sesuai keterangan yang tertera.

Lalu, dapatkah Anda mengganti ban mobil yang telah dilengkapi RFT dengan ban konvensional biasa? Jawabannya, bisa saja.

Walau canggih, RFT tetap harus diperlakukan sebagaimana ban pada umumnya ketika kekurangan tekanan/kempis. Sebab, tak ada ban yang layak digunakan ketika kekurangan tekanan.

Jika abai, tentunya Anda harus menerima risiko mengganti ban baru dengan harga yang relatif lebih mahal dari ban konvensional biasa.

Baca juga: Seberapa Jauh Ban Kempis Bisa Dipakai Jalan?

Related

Automotive 4539267951510625123

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item