Bagaimana Asal Usul Munculnya Kehidupan di Bumi?

Bagaimana Asal Usul Munculnya Kehidupan di Bumi?

Naviri.Org - Kita lahir, tumbuh besar, dan hidup sampai sekarang di sebuah planet bernama Bumi. Tapi pernahkah kita bertanya-tanya, bagaimana kehidupan bisa muncul di planet ini? Pernahkah kita bertanya-tanya, kenapa kita hidup di Bumi, dan bukan di planet lain? Dan berapakah usia Bumi saat ini? Kapan pertama kali ia terbentuk?

Berdasarkan estimasi umur bebatuan tertua, planet yang kita huni diperkirakan terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Banyak peneliti dari seluruh dunia menggunakan ilmu astronomi, geologi, kimia, biologi, arkeologi, dan bidang sains lainnya, menelusuri gambaran yang lebih baik mengenai apa yang terjadi saat planet Bumi terbentuk, serta kemunculan dan kepunahan kehidupan di dalamnya.

Bumi kita terbentuk dari ledakan dahsyat sekitar 13,8 miliar tahun lalu, yang dikenal dengan Teori Big Bang. Ledakan tersebut menghasilkan debu dan awan hidrogen yang makin lama semakin padat. Gumpalan terbesar menjadi bintang, dan yang lebih kecil menjadi planet yang ada sekarang, salah satunya adalah Bumi.

Beberapa peneliti mempercayai selang 600-700 juta tahun kemudian atau sekitar 3,9-3,8 miliar tahun lalu, hujan meteor membombardir Bumi dengan membawa serta air dan asam amino dalam jumlah yang banyak.

Adanya air dan asam amino memungkinkan muncul cikal bakal kehidupan, bakteri bersel tunggal. Sejak saat itu, makhluk hidup pun tumbuh semakin kompleks.

Baca juga: Apa yang Terjadi Sebelum Adanya Alam Semesta?

Related

Science 8917493893707691572

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item