Box Jellyfish, Makhluk dengan Racun Paling Mematikan

 Box Jellyfsh, Makhluk dengan Racun Paling Mematikan

Naviri Magazine - Box jellyfish (Chironex fleckeri) adalah makhluk mirip ubur-ubur yang biasanya tumbuh sepanjang 16 inci atau 40 sentimeter. Hewan ini memiliki 24 pasang mata, dan tentakelnya mengandung racun mematikan yang disebut nematocysts.

Sengatan hewan ini sangat mematikan, dan disebut “the sea wasp”, yang dideskripsikan sebagai siksaan yang sangat mengerikan.

Korban yang tersengat racun box jellyfish biasanya langsung shock akibat rasa sakit yang merobek-robek kulitnya. Racun dan sengatan hewan ini bahkan bisa membunuh korbannya seketika, akibat kandungan racunnya yang mematikan.

Bahkan, tentakel beracun hewan ini dapat disimpan dalam waktu lama. Meski telah kering sekalipun, racun tentakel itu akan aktif kembali jika terkena air.

Meski mirip ubur-ubur, namun box jellyfish sebenarnya bukan ubur-ubur, melainkan cubozoans, yaitu hewan yang berbentuk kubus. Beberapa dari mereka ada yang tumbuh sampai seukuran kepala manusia dewasa, dan tentakelnya bisa tumbuh hingga sepanjang 3 meter.

Baca juga: Ikan Batu, Tampak Tidak Berbahaya tapi Ternyata Mematikan

Related

Science 931485431087355471

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item