Fakta di Balik Kemampuan Migrasi Hewan yang Menakjubkan

 Fakta di Balik Kemampuan Migrasi Hewan yang Menakjubkan

Naviri Magazine - Setiap hari, sebagian dari kita harus pergi bekerja, dan untuk itu harus melewati perjalanan yang cukup jauh. Ada yang naik kendaraan pribadi, ada yang naik kereta, dan lain-lain. Setiap hari, kita bersedia melakukan hal tersebut, dan terus menempuh perjalanan jauh itu, karena menyadari bahwa itu bagian dari upaya kita mendapatkan uang untuk membeli makan. Jika kita tidak melakukannya, kita bisa mati kelaparan.

Bisa jadi, karena jarak tempat kerja yang jauh, kita pun sering mengeluh setiap kali berangkat kerja. Sementara hari libur disambut dengan gembira dan suka cita.

Di dunia hewan, hal serupa terjadi. Sebagian mereka juga harus menempuh perjalanan panjang untuk bisa mendapatkan makanan. Banyak spesies yang melakukan migrasi jarak jauh untuk mencari makanan atau tempat berkembang biak, dan beberapa di antaranya amat luar biasa, hingga melebihi perjalanan yang ditempuh manusia.

Kita semua merasakan bahwa kadang pindah dari satu tempat ke tempat lain, sangat melelahkan. Tapi kita mungkin harus berpikir ulang setelah mengetahui bahwa ada hewan yang harus bermigrasi ribuan kilometer hanya untuk mendapatkan makanan, tempat tinggal, atau pasangan.

Perjalanan-perjalanan ini akan membuat Anda berpikir bahwa perjalanan Frodo dan kawan-kawan untuk mencapai Mordor di film The Lord of the Rings, hanyalah 'jalan-jalan singkat sore hari'.

Namun, cukup sulit untuk menentukan hewan mana yang menempuh migrasi terpanjang. Alasannya ada dua.

Pertama, sejumlah binatang melakukan perjalanannya secara bertahap. Sehingga jadi pertanyaan, mana yang lebih mencengangkan, perjalanan 2.000 km yang dilakukan dalam dua tahap atau perjalanan 1.500 km sekali jalan?

Kedua, perjalanan di darat tidak sama dengan perjalanan di laut atau di udara.

Contohnya, hewan air atau unggas, bisa saja terbantu oleh angin yang kuat atau arus deras dalam perjalanannya. Sementara, hewan darat harus benar-benar bertumpu pada dirinya sendiri.

Baca juga: Hewan-hewan Laut Pemecah Rekor Dalam Hal Migrasi

Related

Science 1489790093810036037

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item