Mengenal Hutan Hujan, Kawasan yang Ditinggali Banyak Hewan

Mengenal Hutan Hujan, Kawasan yang Ditinggali Banyak Hewan

Naviri Magazine - Hutan hujan adalah hutan tropis yang banyak menerima hujan, dan biasanya memiliki banyak tanaman serta ditinggali banyak hewan. Hutan hujan yang paling terkenal adalah hutan Amazon.

Para ilmuwan menyatakan lebih dari separuh spesies tanaman dan binatang tinggal di hutan hujan. Juga lebih dari seperempat obat-obatan berasal dari sana. Hutan hujan hanya meliputi wilayah sekitar 2 persen dari wilayah tanah bumi, namun hutan hujan masih menyediakan 40 persen oksigen.

Mengapa disebut hutan hujan?

Disebut hutan hujan, karena tempat itu selalu panas dan hujan sepanjang tahun. Tidak ada musim yang pasti, hanya panas dan hujan, bahkan lebih panas dan lebih basah. Pada hari yang paling basah, hujan yang turun di hutan hujan bisa mencapai 250 milimeter (10 inci), dan terjadi badai petir di sore hari.

Secara rata-rata, hutan hujan mendapatkan hujan 50 sampai 250 inci setahun. Pada tahun-tahun hangat, jarang mencapai suhu di atas 93 derajat Fahrenheit atau di bawah 68 derajat Fahrenheit.

Hutan hujan juga memiliki kelembapan rata-rata 77 persen sampai 88 persen.
Karena curah hujan pula, di hutan hujan terdapat hamparan dedaunan hijau yang busuk mirip karpet, yang disebut humus.

Baca juga: Mengenal Amazon, Hutan Hujan Terbesar di Dunia

Related

Science 6846916998299002361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item