Ternyata, Orangutan Punya Perilaku Mirip Manusia

 Ternyata, Orangutan Punya Perilaku Mirip Manusia

Naviri Magazine - Orangutan termasuk primata yang cerdas, bahkan disebut sebagai kerabat dekat manusia. Berbeda dengan umumnya hewan-hewan lain, orangutan memang memiliki “kemiripan” dengan manusia. Belakangan, orangutan bahkan diketahui bisa meniru aktivitas dan kebiasaan manusia, lalu menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Orangutan di Kalimantan, misalnya, kerap berbaur dengan manusia di sekitar mereka, dan rupanya orangutan di sana memperhatikan hal-hal yang dilakukan manusia. Lalu mereka meniru, hingga bisa melakukannya. Berikut ini di antaranya.

Orangutan berburu seperti manusia

Gerd Schuster, salah satu penulis buku Thinkers of the Jungle: The Orangutan Report, pernah menunjukkan sebuah foto menarik tentang orangutan yang berburu. Mereka berburu seperti manusia tradisional atau manusia purba, dengan menggunakan tongkat sebagai tombak mereka.

“Orangutan jantan bergelantungan pada cabang yang menggantung. Ia berusaha mati-matian menombak ikan yang lewat,” begitu deskripsi Gerd tentang gambar tersebut.

Foto itu ternyata diambil di Kalimantan Tengah, tepatnya di Pulau Kaja. Meski sebenarnya berburu seperti itu membutuhkan skill tingkat tinggi, orangutan bisa mempelajarinya dengan baik.

Orangutan membasuh muka dengan handuk

Kalau sedang panas, manusia kadang membasuh keringat menggunakan handuk basah. Ternyata, orangutan juga melakukan hal yang sama.

Dalam video yang pernah dibuat, tampak orangutan membasuh mukanya dengan handuk basah. Kejadian yang sepertinya berlokasi di kebun binatang tersebut langsung dimanfaatkan para pengunjung untuk mengabadikannya lewat kamera. Saat itu, cuaca rupanya sedang terik.

Orangutan memakai perahu dan mencuci baju

Masih dari Kalimantan, ada orangutan betina yang sehari-harinya sudah belajar menjadi ‘ibu rumah tangga’ yang baik. Ia bisa melakukan pekerjaan rumah tangga sambil tetap menggendong anaknya.

Karena sering bergaul dengan manusia, induk orangutan itu tahu cara mencuci baju, bahkan naik perahu. Dengan piawai, ia mendayung perahu menggunakan tangannya melalui rawa dan perairan dangkal.

Kemudian, ia menirukan bagaimana manusia mencuci baju. Mulai dari menyikat pakaian, hingga memeras dan membilas. Padahal ia tidak akan menggunakan pakaian itu ya?

Orangutan mandi dan menggunakan sabun

Seorang turis bernama Kevin Su pernah melakukan perjalanan ke Kalimantan, dan melihat bagaimana orangutan banyak terpengaruh hidup manusia. Seperti ada dorongan dalam diri orangutan untuk menggunakan benda-benda yang banyak digunakan oleh manusia.

Salah satunya adalah sabun. Kevin Su sempat memotret beberapa adegan saat orangutan menggunakan sabun milik warga untuk mandi. Meski ada adegan horor di mana orangutan tersebut memakan sabunnya.

Momen melihat orangutan tersebut terjadi di Tanjung Puting, saat Kevin Su menelusuri kehidupan makhluk liar yang cukup membaur dengan manusia di sana. Ia sempat takjub melihat bagaimana orangutan bisa mempelajari dengan baik apa yang dilakukan manusia di sekitarnya.

Baca juga: Buaya, Hewan Purba yang Tetap Ada Sampai Sekarang

Related

Science 5703367478783666961

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item