5 Tips Mengatasi Mata Minus dan Memperbaiki Penglihatan

5 Tips Mengatasi Mata Minus dan Memperbaiki Penglihatan

Naviri.Org - Mata minus sudah menjadi masalah banyak orang saat ini. Buktinya, sekarang banyak sekali orang yang memakai kacamata, dengan tujuan memperjelas pandangan, karena mata yang mengalami masalah, semisal minus.

Makin banyaknya orang yang mengalami mata minus, bisa jadi karena kini banyak dari kita yang sering berhadapan dengan layar komputer, layar ponsel, atau layar laptop, dan semacamnya. Akibatnya, mata kita terus menerus mengalami kelelahan, karena bekerja tanpa henti.

Yang mengkhawatirkan dari mata minus adalah jika minus tersebut makin bertambah, yang artinya kesehatan mata kita terus menurun. Karena itu, sebelum hal semacam itu terjadi, ada baiknya kita mulai mengingat untuk menjaga kesehatan mata, agar kesehatannya lebih terjaga. Lima tips berikut ini bisa membantu ke arah itu.

1. Fokus

Untuk melalukan terapi ini, kamu harus mengambil posisi duduk senyaman mungkin, lalu tempatkan jari telunjukmu 10 cm dari hidung. Fokuskan pandanganmu ke arah jari telunjuk, kemudian alihkan fokusmu ke arah objek yang jauh di belakang jari telunjukmu.

Setelah itu, kembalikan fokusmu ke jari telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa menggerakkan kepala. Ulangi proses ini minimal 10 kali, maka metode tersebut bisa meminimalisir minusmu.

2. Senam mata

Untuk melakukan terapi ini, kamu tinggal menggoyangkan bola mata dari kanan ke kiri. Kemudian memutar dan berkedip minimal 100 kali dalam sehari. Teknik ini juga berguna untuk membersihkan dan melemaskan otot-otot mata. Sehingga bisa meminimalisir minus mata.

3. Berjemur di pagi hari

Tidak cuma badan, mata pun sesekali butuh berjemur di pagi hari. Memanjakan mata di pagi hari dengan cara menutup kedua mata, dan mengarahkannya ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Dengan terapi ini, asupan vitamin D pun akan tercukupi.

4. Mengompres mata

Mengompres mata juga perlu kamu lakukan untuk menghilangkan bakteri dan debu-debu yang ada di dalam bola mata. Kamu bisa menggunakan obat tetes mata untuk membersihkan bakteri-bakteri.

Selain itu, kamu juga bisa membilas mata dengan air hangat, dengan cara menyiapkan semangkuk air hangat, lalu masukkan mata ke dalamnya dan berkedip-kediplah beberapa saat.

5. Lihatlah pemandangan hijau

Yang terakhir, kamu perlu menikmati pemandangan atau objek yang berwarna hijau. Dengan ini, kamu bisa menjernihkan pandangan, selain bisa menghilangkan stres.

Baca juga: Resep Alami Mengatasi Sakit Mata

Related

Health 4933487665199884382

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item