Mengenal Panic Attack, Serangan Panik yang Muncul Tiba-tiba

Mengenal Panic Attack, Serangan Panik yang Muncul Tiba-tiba

Naviri Magazine - Saat dalam situasi tertentu yang menakutkan atau mengerikan, merasakan panik bisa dibilang hal wajar. Kita panik saat menyaksikan sesuatu yang mengkhawatirkan atau akan menimpa kita. Namun, ada gejala kepanikan yang bisa dibilang tidak wajar, yaitu kepanikan yang muncul tanpa alasan. Gejala ini disebut serangan panik atau panic attack.

Kondisi ini muncul ketika perasaan teror tiba-tiba menyerang tanpa peringatan. Ini bisa terjadi kapan aja, bahkan saat tidur. Seseorang yang memiliki kondisi ini mengalami rasa panik dan takut yang lebih parah dari situasi yang sebenarnya.

Beberapa gejala yang meliputinya adalah merasa lemah, pusing, kesemutan, berkeringat, atau bahkan menggigil. Nyeri dada, jantung berdebar, kesulitan bernapas, dan kehilangan kontrol diri, juga sering menjadi ciri-cirinya.

Biasanya, gejala ini terjadi sekitar kurang lebih 10 menit, walaupun gejala lainnya mungkin bisa terjadi lebih lama. Penyebab serangan panik ini tidak diketahui secara pasti, tapi kebanyakan rentan terjadi akibat adanya perubahan tekanan gaya hidup.

Orang yang menderita gangguan panik lebih mungkin memiliki depresi, pernah melakukan percobaan bunuh diri, penyalahgunaan alkohol, dan obat-obatan terlarang. Untungnya, kondisi ini bisa diobati dengan obat-obatan antikonvulsan yang bersifat menenangkan dan terapi psikologis.

Ketiga penyakit tersebut memiliki gejala yang hampir serupa, dan seringkali dianggap sebagai serangan jantung pada beberapa orang yang merasakannya.

Untuk itu, bila gejala-gejala yang telah disebutkan terjadi, kita membutuhkan beberapa tes kesehatan. Ini dilakukan agar dokter bisa memberi diagnosis yang tepat atas penyebab sesak napas, cemas, dan jantung berdebar. Tentunya kita juga akan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Baca juga: Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan yang Tak Beralasan

Related

Psychology 6280742074255473783

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item