Mengapa Ada Orang yang Terkena Serangan Jantung?

Mengapa Ada Orang yang Terkena Serangan Jantung?

Naviri Magazine - Istilah “serangan jantung” tentu sudah populer di masyarakat, karena kita sering mendengar istilah itu disebut. Kadang kita mendengar ada orang yang kita kenal masuk rumah sakit karena mendapat serangan jantung.

Sebenarnya, apa yang disebut serangan jantung, dan mengapa ada orang-orang yang terkena serangan jantung?

Otot jantung membutuhkan darah yang kaya oksigen, dan arteri koroner yang menyuplainya. Apabila arteri tersumbat oleh plak yang terbentuk akibat lemak, protein, sel radang atau penggumpalan darah, hal itu menyebabkan arteri menjadi sempit, dan darah tidak mengalir secara normal.

Bila plak tersebut benar-benar menghalangi sirkulasi darah, otot jantung menjadi kekurangan oksigen, sehingga menyebabkan kematian sel otot jantung. Kondisi ini menyebabkan kerusakan permanen dan disebut sebagai serangan jantung.

Gejala serangan jantung sangat bervariasi, dan setiap orang bisa merasakan gejala yang berbeda. Ini meliputi ketidaknyamanan di dada (terasa sakit di bagian kiri), sesak napas, cemas, pusing, berkeringat, dan jantung berdebar hebat.

Gejala-gejala tersebut bisa terjadi selama 30 menit atau lebih. Pasien harus segera mendapatkan pengobatan, untuk mengurangi jumlah kerusakan pada otot jantung, dan meningkatkan kesempatan bertahan hidup.

Baca juga: Mengenali Gejala Serangan Jantung yang Terjadi Saat Tidur

Related

Health 1218975325833744776

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item