7 Pesulap Terhebat dan Paling Berpengaruh di Dunia

 7 Pesulap Terhebat dan Paling Berpengaruh di Dunia

Naviri Magazine - Di zaman dulu, para pesulap tampil dengan gaya khas, yakni dengan pakaian menyeramkan, muncul dengan mantra-mantra aneh, kemudian menunjukkan aksi sulap. Seiring perkembangan zaman, penampilan itu berubah. Para pesulap tidak lagi berpenampilan menyeramkan, namun mengenakan jas dan topi. Penampilan necis itu berlangsung sampai lama, hingga pesulap modern mengubahnya.

Dari penampilan sampai aksi pertunjukan, dunia sulap mengalami perubahan demi perubahan, pembaruan demi pembaruan. Dalam hal itu, tujuh pesulap berikut ini termasuk tokoh-tokoh yang paling banyak berpengaruh di dunia sulap, plus memiliki aksi-aksi yang sangat hebat.

Jean Eugene Robert-Houdin 

Robert-Houdin lahir di Prancis, dan membawa sebuah aliran magic baru yang disebut “salon-magic”. Magic yang dibawanya adalah gabungan antara ilusi dan alat-alat berat yang canggih untuk melakukan magic trik, digabungkan teknik kecepatan tangan yang brilian.

Jean Eugene Robert Houdin disebut sebagai Bapak Sulap Modern. Sebelum kemunculan Robert Houdin, para pesulap biasanya tampil dalam kostum jubah sambil membaca mantra-mantra tertentu, sambil membawa peralatan sulap mereka.

Ia termasuk magician yang revolusioner, karena pertama kali memperkenalkan kostum “jas formal” di atas panggung. Sebelumnya, magician selalu identik dengan jubah panjang khas “Merlin”, dan kotak peralatan yang besar dan berat.

Salah satu pertunjukannya yang paling terkenal adalah saat melakukan “bullet catch” atau menangkap peluru di Algeria, untuk membuktikan bahwa magic modern Eropa jauh lebih spektakuler dari magic Afrika.

Harry Houdini 

Harry Houdini adalah pesulap terkemuka Amerika yang mengaku lahir pada 6 April 1874 di Appleton, Wisconsin. Kenyataannya, ia dilahirkan dengan nama Ehrich Weisz, pada 24 Maret 1874, di Budapest, Hungaria. Ayahnya adalah Mayer Samuel Weisz, seorang guru agama. Ehrich merupakan anak dari istri kedua ayahnya, Cecilia Steiner.

Kemampuan Houdini yang paling terkenal adalah trik meloloskan diri, seperti melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal adalah trik Chinese water torture, di mana Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi air.

Houdini mulai menjadi pesulap pada tahun 1891. Idola Houdini adalah pesulap besar Perancis, Robert-Houdin. Semula, ia hanya menggunakan kartu dalam sulap-sulapnya. Namun, reputasinya melejit sejak mendalami trik sulap meloloskan diri.

Doug Henning 

Doug Henning adalah magician asal Kanada, yang pertama kali mengenakan kostum t-shirt dan celana jeans di atas panggung, meninggalkan kostum formal yang biasa dipakai magician di periode sebelumnya.

Ia dikenal karena kemampuannya menggabungkan magic dan seni. Di atas panggung, Henning tak hanya mempertontonkan magic, tapi juga seni tari, seni musik, dan komedi. Henning meninggal pada 2001 karena kanker.

David Copperfield

David Copperfield mulai tampil di atas panggung pada pertengahan 1970-an, dan dikenal sebagai magician yang flamboyan dan tampan. Saat magician lain masih melakukan trik menghilangkan asisten di atas panggung, Copperfield menghilangkan berbagai objek yang luar biasa besar.

Salah satu yang paling terkenal adalah pertunjukannya saat menghilangkan Patung Liberty, pada 1976. Selain itu, ia juga menghilangkan pesawat Jet Orient, terbang di Grand Canyon, dan berjalan menembus Tembok Cina. Saking hebatnya, banyak orang menganggap Copperfield bekerja sama dengan jin/setan, padahal yang ia lakukan adalah memanfaatkan teknologi modern.

Val Valentino

Dikenal juga sebagai “magician bertopeng/masked magician”, Valentino adalah seorang magician yang membongkar trik-trik luar biasa magician lain dalam sebuah acara televisi di Fox TV.

Konon, Valentino menyembunyikan identitas aslinya untuk menghindari para magician yang marah dan kecewa. Namun, hal-hal yang dilakukan Valentino di televisi dipercaya mampu meningkatkan apresiasi dan ketertarikan masyarakat awam pada dunia magic.

Valentino selalu mengatakan, ia membuka trik magic untuk “mendorong” magician lain mencari trik baru yang benar-benar “fresh” dan berkualitas, demi kemajuan dunia magic.

David Blaine

David Blaine dianggap sebagai magician yang pertama kali menyesuaikan diri dengan selera masa kini. Ia tampil dengan gaya yang sangat santai, dan membawakan magic dari atas panggung "turun ke jalan" dengan melakukan street magic.

Show yang ia bawakan tidak hanya terfokus pada sang magician semata, namun lebih kepada reaksi para penonton saat menyaksikan magic show berlangsung. Banyak orang yang mengatakan, "Blaine makes magic become 'cool' again".

Criss Angel

Christopher Nicholas Sarantakos, yang lebih dikenal dengan nama Criss Angel, lahir pada 19 Desember 1967. Dia pesulap dan ilusionis berkebangsaan Amerika Serikat. Ia juga musisi, ahli meloloskan diri, dan pemain atraksi adegan berbahaya. Ia dikenal melalui acara TV yang dibawakannya, berjudul Criss Angel Mindfreak.

Ia orang Amerika Serikat keturunan Yunani. Criss Angel dibesarkan di East Meadow, Long Island, New York. Criss Angel telah menampilkan beberapa trik sulap yang mencengangkan. Salah satunya adalah berjalan di atas air, dan levitasi (terbang melayang) dari satu bangunan ke bangunan lain.

Baca juga: 11 Pesulap Terbaik dan Paling Memukau Sepanjang Masa

Related

Figures 5269818556931919460

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item