Pemecah Rekor: Ikan Terbesar, Tertinggi, dan Terpanjang

 Pemecah Rekor: Ikan Terbesar, Tertinggi, dan Terpanjang

Naviri Magazine - Hiu paus menjadi ikan yang paling besar di lautan. Hewan ini memiliki tubuh yang besarnya setara dengan sebuah bus berukuran besar, sehingga menjadi ikan paling besar di antara ikan-ikan lainnya.

Uniknya, meski tubuhnya sangat besar, hiu paus hanya memakan tanaman dan hewan-hewan terkecil di laut. Ikan raksasa ini biasa muncul dan menyelam di dalam air dengan mulut yang terbuka lebar.

Dengan cara itu, air dan makanan dalam jumlah besar pun mengalir masuk ke dalam mulutnya. Setelah itu, hiu paus akan menelan makanan yang didapatkannya, dan memuncratkan sisa airnya melalui lubang-lubang di bagian samping kepalanya.

Ikan paling tinggi

Ikan matahari yang hidup di samudera adalah ikan tertinggi. Mereka dapat mencapai ukuran setinggi lebih dari 14 kaki (4 meter), termasuk punggung mereka yang panjang, dan sirip perut mereka. Ikan yang besar tersebut dapat mencapai berat hingga 2 ton.

Ikan paling panjang

Ikan dayung adalah ikan berukuran amat besar, dan berbentuk seperti belut, yang dapat tumbuh hingga mencapai panjang lebih dari 20 kaki (6 meter).

Konon, beberapa orang pernah menyaksikan ikan dayung yang memiliki panjang hingga 46 kaki (14 meter). Legenda tentang naga laut mungkin berasal dari penglihatan yang sekilas pada makhluk ini.

Baca juga: Burung-burung Pemangsa, Tampak Indah tapi Mematikan

Related

Science 2452329530065287533

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item