Warung Makan Roh Halus, Menyediakan Santapan Para Arwah

Warung Makan Roh Halus, Menyediakan Santapan Para Arwah

Naviri Magazine - Warung makan untuk manusia yang masih hidup, tentu sudah biasa dan bisa kita temui di mana-mana. Bagaimana dengan warung khusus untuk roh halus yang khusus menyediakan santapan untuk para arwah atau orang-orang mati?

Meski namanya mungkin terdengar aneh, Warung Makanan Roh Halus benar-benar ada. Warung itu terletak di bilangan Wirobrajan, Yogyakarta, dan boleh dibilang menawarkan santapan para arwah; kembang dan berbagai keperluan sesaji.

Namanya mencuri perhatian, sebab ritual memberi makan roh halus oleh sebagian kelompok dianggap takhayul dan dilarang agama. Tapi, buat masyarakat Jawa yang teguh memegang tradisi, ritual tersebut penting dan menjadi wujud penghormatan mereka terhadap leluhur.

Jika dibandingkan bisnis sejenis di Kota Gudeg, warung ini tergolong paling laris. Pelanggannya warga sekitar, termasuk sejumlah abdi dalem Keraton Yogyakarta. Bukan untuk makanan mereka sendiri, tampaknya.

Pemilik warung, Bambang Siswanto, 51, mengelolanya bersama istri dan empat karyawan.

Warung yang beroperasi dari pukul 6 sampai tengah malam tersebut biasanya ramai pembeli di Bulan Ruwah dan malam Jumat Kliwon; malam yang dianggap paling seram dan puncak dari aktivitas roh halus.

Baca juga: 7 Kisah Pengusiran Setan Paling Mengerikan di Dunia

Related

World's Fact 6165206546162540751

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item