10 Film Trilogi Terbaik Produksi Hollywood

10 Film Trilogi Terbaik Produksi Hollywood

Naviri Magazine - Trilogi adalah istilah untuk menyebut tiga karya yang saling terpisah, namun memiliki kesinambungan antara satu dengan yang lain. Istilah trilogi bisa disematkan untuk karya dalam bentuk novel atau film. Berbeda dengan cerita bersambung yang harus dinikmati dari awal sampai akhir secara urut, kisah trilogi bisa dinikmati satu per satu tanpa harus berurutan.

Terkait film trilogi film, Wikipedia menjelaskan sebagai berikut, "Trilogi film adalah sebuah set universe besar yang terbagi dalam 3 bagian atau film yang dapat berdiri masing-masing sebagai individual film, atau dilihat secara keseluruhan sebagai sebuah cerita yang berkesinambungan."

Karena sebuah trilogi biasanya memiliki konsep yang jelas, sehingga secara eksplisit dapat dipisah menjadi 3 bagian. Trilogi film mengadaptasi referensi karakter yang sama untuk ketiga filmnya, atau karakter berbeda yang masih hidup di timeline dan universe yang sama dari kisah pertama, sehingga membentuk universe serta cerita yang semakin luas dan melebar.

Terkait film trilogi, berikut ini adalah sepuluh film trilogi yang pernah dihasilkan Hollywood.

1. The Lord of the Rings 

The Lord Of The Rings ada di peringkat pertama untuk trilogi film terbaik sepanjang masa. Film ini sebetulnya berdurasi sangat panjang, namun sutradara Peter Jackson dan kawan-kawan mampu menyelesaikan sebuah misi yang hampir impossible untuk mengonversikan sebuah cerita fantasi yang epik menjadi gambar bergerak, yang sekaligus menjadi box office dan memenangi Oscar!

2. Before 

Diantara trilogi lain di daftar ini, mungkin "Before" satu-satunya trilogi yang agak berbeda. Tidak ada karakter penjahat, tidak ada senjata tajam maupun senjata api, trilogi ini hanya menceritakan kisah romantis yang terjalin di antara 2 orang, yang juga merupakan sebuah masterpiece jangka panjang.

Dalam film ini, Ethan Hawke dan Julie Delpy ikut terjun langsung dalam proses pra-produksi, dan cerita drama romance ini berkembang selama 18 tahun sejak 1995 hingga 2013.

3. Captain America 

Captain America adalah satu dari sedikit trilogi film bertema superhero terbaik yang pernah dibuat. Kredit khusus untuk duet sutradara Anthony dan Joe Russo untuk pekerjaan luar biasa yang telah mereka lakukan di 2 film terakhir.

Trilogi Captain America tidak hanya membuka jalan untuk kesinambungan story-line di Marvel Cinematic Universe, namun juga secara spesifik mengembangkan karakter Steve Rogers sejak menjadi super soldier.

4. Star Wars The Original 

Original trilogi dari franchise Star Wars dimulai pada 1977, dan diakhiri pada 1983. Lalu diawali lagi dengan episode IV dan ditutup dengan episode VI, sebelum dibuat prekuelnya yang flop pada 1999 hingga 2005, sebelum akhirnya kembali dilanjutkan dengan The Force Awakens pada 2015.

Saat ini, cerita Star Wars telah berkembang dan akan semakin meluas, namun original triloginya tetap akan dikenang sebagai salah satu cerita terbaik yang pernah dibuat.

5. The Dark Knight 

The Dark Knight juga merupakan salah satu trilogi film bertema superhero yang masih segar di ingatan kita, dan mungkin paling memorable bagi generasi yang lahir di tahun 80-90an, karena baru kali ini kita melihat Batman versi live-action yang terasa sangat real, dengan jalan cerita yang sangat epic serta digarap oleh sutradara yang jenius.

6. Toy Story 

Toy Story bukan cuma film animasi yang bagus, tapi juga punya cerita terindah yang mungkin pernah kita tonton. Pertemuan, persahabatan, perpisahan, kelucuan, dan air mata, semua ada disini.

7. The Godfather 

Selain karena 2 film pertamanya ada di list teratas film dengan rating tertinggi di IMDB, semua pemeran film ini (Marlon Brando, Al Pacino, Robert Duvall, Robert De Niro, Diane Keaton) adalah para legenda. The Godfather merupakan film mafia terbaik yang pernah dibuat, terlepas dari flop di film ketiganya.

8. Indiana Jones 

Sebagai informasi, film petualangan yang dibintangi oleh Harrison Ford ini adalah hasil kerjasama antara pembuat Star Wars dengan pembuat Jurassic Park, George Lucas dan Steven Spielberg. Masih perlu alasan lain untuk nonton?

9. Back to the Future 

Coba bayangkan kalau saat ini adalah weekend, dan semua tugas serta kewajiban kita sudah kita selesai, dan kita punya waktu setengah hari untuk bersantai. Kalau waktu setengah hari itu dipakai buat nonton trilogi ini bersama pasangan dan keluarga, itu akan menjadi setengah hari terbaik seumur hidup!

10. Iron Man

Trilogi Iron Man berhasil mengembangkan karakter Tony Stark, dari seorang playboy menjadi setia ke seorang Pepper, dari pembuat senjata menjadi pioneer The Avengers, dan dari seorang milyuner sombong menjadi penolong. Saat ini, Iron Man menjadi sosok sentral yang sangat vital bagi kelangsungan Marvel Cinematic Universe.

Baca juga: Tokoh-tokoh Film Ikonik yang Tak Tergantikan

Related

Film 4833885535054980623

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item