Biografi Paul Cézanne, Pelukis Berpengaruh Asal Prancis

Biografi Paul Cézanne, Pelukis Berpengaruh Asal Prancis

Naviri Magazine - Dilahirkan pada 19 Januari 1839 di Aixen, Provence, Paul Cézanne adalah pelukis Prancis yang hidup pada masa Post Impresionis. Karyanya merupakan peralihan dari konsep seni abad ke-19 menuju kebebasan mutlak seni di abad 20, yang kemudian menjadi inspirasi seniman pembaharu seperti Pablo Picasso.

Dunia mengenal Cézanne sebagai seniman yang sangat eksentrik. Seumur hidupnya, dia tidak pernah sekali pun menjual lukisan karyanya. Karya-karya Cézanne pertama kali dipamerkan di Salon des Refusés pada tahun 1863. Bagi kalangan seni modern di abad 20, Cézanne adalah Bapak Konsep Kesenian Modern.

Karya-karya Paul Cézanne memperlihatkan keahlian desain, warna, dan komposisi. Goresannya yang repetitif, sensitif, menggairahkan, dan eksploratif, mengesankan karakterisasi yang kuat. Lukisan Cézanne juga memperlihatkan studi yang teliti, dan eksplorasi mendalam terhadap persepsi visual manusia.

Lukisan karyanya yang sangat terkenal adalah “House of the Hanged Man, Auvers”, yang dibuatnya pada tahun 1874.

Pada 1906, Cézanne jatuh pingsan saat sedang melukis di luar ruangan dalam keadaan badai. Seminggu kemudian, pada 22 Oktober 1906, ia meninggal akibat pneumonia. Pada 10 Mei 1999, lukisan Cézanne, “Rideau, Cruchon et Compotier” terjual seharga 60,5 juta dollar AS, dan menjadi salah satu lukisan termahal untuk saat itu.

Baca juga: Biografi Jules Verne, Penulis dan Perintis Kisah Fiksi Ilmiah

Related

Figures 5154931151594208098

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item