Biografi Jules Verne, Penulis dan Perintis Kisah Fiksi Ilmiah

 Biografi Jules Verne, Penulis dan Perintis Kisah Fiksi Ilmiah

Naviri Magazine - Dilahirkan di Nantes, pada 8 Februari 1828, Jules Gabriel Verne adalah pengarang novel berkebangsaan Prancis dan perintis genre fiksi ilmiah, yang oleh dunia disebut “Bapak Fiksi Ilmiah”.

Pada waktu Jules Verne hidup, dunia belum semodern sekarang. Namun ia bisa menulis tentang kapal selam, pesawat terbang, gedung bertingkat, dan pendaratan manusia di bulan. Karena itulah Jules Verne dianggap sebagai penulis yang telah mendahului zamannya, sekaligus menginspirasi ilmuwan modern untuk menemukan sejumlah temuan penting dalam peradaban manusia.

Jules Verne mengawali karirnya sebagai penulis dengan menulis fiksi ilmiah untuk Magazine d’Education. Setelah itu, ia menulis novel fiksi ilmiah pertamanya, “Five Weeks on Balloon”, yang terbit pada tahun 1863. Novel itu menarik perhatian banyak pembaca, dan segera nama Jules Verne melejit sebagai penulis fiksi ilmiah paling memukau.

Kesuksesan novel pertama itu dilanjutkan novel kedua, “A Journey to The Center of The Earth” pada tahun 1866, dan “Twenty Thousand Leagues Under The Sea” pada tahun 1870.

Gaya penulisannya yang cepat, lancar, detail, namun tidak bertele-tele, benar-benar mendahului gaya fiksi ilmiah abad ke-20. Dengan memanfaatkan ketertarikan masyarakat akan ilmu pengetahuan dan penemuan abad ke-19, novel-novel karya Verne menjadi sangat populer.

Daya tarik utama pada novel-novel Verne—selain alurnya yang cepat dan plotnya yang tak terduga—adalah karena menyuguhkan petualangan di tempat-tempat yang belum terjamah, seperti luar angkasa, dasar laut, bahkan di dalam perut bumi.

Sementara novelnya yang lain, “The Children of Captain Grant” membawa pembacanya ke Australia dan Amerika, yang waktu itu masih merupakan daerah antah-berantah bagi sebagian besar masyarakat Eropa.

Produktivitas Verne dalam berkarya benar-benar memanjakan pembacanya. Antara tahun 1878 dan 1889, ia menerbitkan empat novel dan tiga jilid sejarah eksplorasi berjudul “The Discovery of The Earth”. Ia memiliki pandangan menarik akan tren penemuan ilmiah, dan banyak ciptaan imajinasinya—dari kapal selam hingga pesawat ruang angkasa—akhirnya benar-benar diciptakan.

Jules Verne meninggal pada 24 Maret 1905, dalam usia 77 tahun.

Baca juga: Misteri Adam Weishaupt, Sang Pendiri Illuminati

Related

Figures 9176240654644502520

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item