Bunglon Memiliki Lidah dengan Kecepatan Pesawat Jet

Bunglon Memiliki Lidah dengan Kecepatan Pesawat Jet

Naviri Magazine - Bunglon adalah ahli penyamaran yang sangat hebat. Kadal itu dapat mengubah warna kulitnya untuk menyesuaikan diri dengan keadaan sekelilingnya, sehingga dapat menyelinap ke dekat serangga calon mangsanya.

Bunglon juga reptil yang dikenal menggunakan lidah untuk menangkap mangsanya, ketika mengejar serangga di semak-semak dan pepohonan.

Ketika cukup dekat dengan mangsa yang diincarnya, bunglon akan membuka mulutnya perlahan-lahan, kemudian secara tiba-tiba menjulurkan lidahnya—kadang-kadang sampai sejauh 25 sentimeter—dan menangkap mangsanya dengan ujung lidahnya yang lengket, dalam waktu 0,04 detik.

Kecepatan bunglon dalam menggunakan lidah untuk menangkap mangsa, setara dengan kecepatan pesawat jet.

Bagaimana cara bunglon mengubah warnanya?

Bunglon memang sangat pintar menyamar. Pada umumnya, kulit bunglon berwarna cokelat atau hijau. Namun, mereka dapat menyesuaikan warna dengan latar belakang mereka, atau menunjukkan mereka sedang marah atau takut.

Bunglon mengubah warna tubuhnya dengan cara membesarkan atau mengecilkan sel warna khusus yang mereka miliki pada kulitnya.

Baca juga: Fakta Unik Bayi-bayi Buaya Saat Menetas dari Telur

Related

Science 4439161117159101632

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item