Bagaimana Cangkang Bisa Menyatu dengan Tubuh Kura-kura?

 Bagaimana Cangkang Bisa Menyatu dengan Tubuh Kura-kura?

Naviri Magazine - Cangkang atau pelindung kura-kura terbuat dari tulang yang dilapisi tanduk. Tulang tersebut adalah bagian dari kerangka, yang telah tumbuh bersama-sama untuk membentuk kotak yang lengkap. Tulang belakang, tulang rusuk, pangkal paha, juga bahu, semua melekat pada tulang selangka.

Cangkang kura-kura terdiri dari dua bagian. Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace), sedang bagian bawah (ventral, perut) disebut plastron.

Setiap bagian tersebut terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, yang tersusun seperti genting, sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung.

Karena tubuh mereka melekat dengan tempurung yang keras tersebut, kura-kura pun tidak bisa mengulur sangkar tulang rusuk mereka, sehingga tidak dapat bernapas seperti yang dilakukan oleh hewan lain.

Sebaliknya, mereka memiliki otot-otot yang menarik paru-paru, sehingga udara dipaksa untuk masuk dan didorong keluar.

Baca juga: Walking Shark, Hewan yang Bisa Berjalan di Dasar Lautan

Related

Science 4655529334617362470

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item