Film-film Bagus dan Menegangkan Seputar Kisah Survival

Film-film Bagus dan Menegangkan Seputar Kisah Survival

Naviri Magazine - Survival atau bertahan hidup adalah salah satu tema yang kerap diangkat ke dalam film. Kenyataannya, film-film tentang survival memang kerap menegangkan, dan menghibur sebagai tontonan. Selain itu, film-film tentang survival juga secara tak langsung mengajari penonton mengenai apa yang perlu dilakukan jika kebetulan harus menghadapi kondisi survival seperti yang ada dalam film.

Ada banyak kisah yang dapat digolongkan dalam film bertema survival. Tersesat di hutan, terdampar di pulau terasing, menghadapi bencana alam, dan lain-lain, yang semuanya mengancam kehidupan sang tokoh. Terkait hal tersebut, berikut ini daftar film bagus terkait survival yang layak ditonton.

The Revenant

The Revenant adalah film yang diadaptasi dari novel dengan judul sama, dan untuk pertama kalinya aktor terkenal Leonardo Dicaprio akhirnya bisa mendapatkan piala Oscar melalui film ini.

The Revenant bercerita tentang seorang pemburu bernama Hugh Glass, yang diperankan dengan baik oleh Leonardo Dicaprio. Pada tahun 1820-an, dia diserang seekor beruang besar di hutan saat sedang berburu. Di saat Hugh Glass berjuang untuk bertahan hidup, teman-temannya yang lain malah meninggalkannya, dan membiarkannya mati.

Akhirnya, dengan penuh perjuangan, dia mampu bertahan hidup dan membalas dendam terhadap teman-temannya yang menghianatinya.

The Way Back

Film ini bercerita tentang perjuangan hidup dalam pelarian dari kamp Uni Soviet dengan melewati alam liar, seperti pegunungan bersalju, sampai gurun pasir sejauh berkilo-kilo meter.

The Way Back bersetting perang dunia kedua. Selama invasi Uni Soviet terhadap Polandia, seorang tentara muda bernama Janusz Wiszczek dituduk sebagai mata-mata, kemudian diinterogasi oleh tentara Uni Soviet.

Karena pihak Uni Soviet tidak bisa membuat Janusz Wiszczek mengaku sebagai mata-mata, dia divonis penjara selama 20 tahun di Siberia. Di sana, Janusz Wiszczek bertemu beberapa orang lain, yang kemudian merencanakan sebuah pelarian.

Life Of Pi

Film ini menceritakan seorang pemuda asal India yang harus bertahan hidup di sebuah sekoci bersama seekor harimau di lautan, setelah kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Cerita berawal saat seorang pemuda asal India bernama Pi bersama keluarganya ingin pindah ke Kanada. Mereka pergi mengunakan kapal bernama Tsimtsum, tapi di tengah perjalanan kapal tersebut dihantam badai, dan akhirnya tenggelam.

Pi berusaha menemukan keluarganya, tapi kru kapal malah melemparnya ke sebuah perahu darurat (sekoci), sebelum akhirnya kapal Tsimtsum tenggelam. Saat badai reda, Pi menemukan dirinya bersama seekor harimau di sekoci tersebut.

Everest

Everest menceritakan perjuangan bertahan hidup para pendaki gunung Everest dari badai yang menerjang gunung tersebut.

Cerita film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada tahun 1996. Saat itu terjadi badai salju yang menerjang gunung Everest, dan menewaskan beberapa pendaki yang sedang melakukan ekspedisi di sana.

Film ini termasuk salah satu film yang banyak mengajari para petualang, terutama pendaki gunung, bahwa dalam setiap pendakian gunung akan selalu ada bahaya yang siap mengancam kapan saja. Selain itu, film ini mengajari para pendaki gunung, bahwa puncak bukanlah segala-galanya, dan keselamatan nyawa harus lebih dulu diutamakan.

Cast Away

Film ini dirilis pada tahun 2000, menceritakan sebuah kecelakaan pesawat yang membuat Chuck Nolan (diperankan dengan baik oleh Tom Hanks) harus terdampar di pulau terpencil.

Cerita berawal saat Chuck Nolan ditugaskan oleh bosnya untuk meninjau salah satu cabang perusahaan tempatnya bekerja, di wilayah bagian selatan Pasifik. Tanpa pikir panjang, dia langsung menerima tugas tersebut.

Sayang, pesawat yang dia tumpangi mengalami kecelakaan, dan terdampar di sebuah pulau asing yang tidak berpenghuni. Hingga ia harus tinggal di sana sendirian, selama 4 tahun.

127 Hours

Film ini menceritakan perjuangan bertahan hidup seorang pendaki bernama Aron Ralston dalam menyelamatkan hidupnya dari jepitan batu besar yang mengunci tangannya, di Blue John Canyon.

Cerita berawal dari Aron Ralston, yang merupakan seorang insiyur, mencoba mengeksplorasi dan mendaki di Blue John Canyon. Tapi sayang, saat melakukan pendakian tersebut dia terpeleset dan jatuh, yang membuat tangannya terjepit.

Survival yang dilakukan oleh Aron Ralston dalam film ini sangat menarik disaksikan, karena kehebatannya saat kecelakaan yang menimpanya di tempat terpencil dan tanpa bantuan ini banyak memberi pelajaran tentang berharganya hidup.

Buried

Film ini menceritakan seorang supir truk asal Amerika Serikat yang bekerja di Irak. Entah bagaimana cerita awalnya, tiba-tiba dia terperangkap di dalam peti mati, dan dia hanya punya handphone dan korek api.

Kemudian, supir truk yang diketahui bernama Paul Conroy itu mulai mengingat-ingat kejadian sebelumnya, hingga mengingat bahwa dia dan teman-temannya disergap oleh teroris dan dipukul sampai pingsan.

Kemudian dia mendapatkan panggilan melalui handphone tersebut, dan ternyata para teroris minta tebusan sebesar 5 juta dolar sebelum jam 9 malam, atau dia akan ditinggalkan mati terkubur dalam peti mati tersebut.

Gravity

Film ini menceritakan seorang insiyur biomedis bernama Dr. Ryan Stone (diperankan dengan baik oleh Sandra Bullock) yang pergi ke luar angkasa, dipimpin oleh astronot veteran bernama Matt Kowalski (diperankan oleh George Clooney).

Cerita berlanjut saat tim mereka diperingatkan tentang adanya misil milik Rusia yang menyerang satelit yang sudah mati, dan hal tersebut akan menimbulkan reaksi berkelanjutan di luar angkasa.

Sampai akhirnya, puing satelit milik Rusia tersebut dengan cepat menyerang mereka, yang membuat banyak dari mereka akhirnya tewas.

Rescue Dawn

Film ini menceritakan seorang pilot tentara Amerika yang lahir di Jerman, bernama Dieter Dengler. Pesawat yang dibawanya ditembak jatuh oleh pasukan gerilya di Laos.

Untungnya dia selamat dalam insiden tersebut, tapi dia tertangkap dan harus jadi tahanan perang. Di dalam penjara, dia bertemu dengan tentara Amerika Serikat lainnya yang lebih dulu tertangkap beberapa tahun sebelumnya.

Kemudian mereka membuat rencana pelarian. Saat berhasil lolos dari penjara tersebut, mereka harus menghadapi penjara lainnya, yaitu ganasnya hutan belantara Laos.

Sanctum

Film ini menceritakan perjelajahan gua Esa’ala di Papua New Guinea, dimana secara tiba-tiba badai datang dan air dengan cepat memenuhi gua tersebut.

Lone Survivor

Lone Survivor merupakan kisah nyata kegagalan operasi militer Amerika Serikat di Afganistan, dengan sandi Operasi Sayap Merah. Operasi itu dilakukan pada tahun
2005 dengan misi menangkap atau membunuh komandan Taliban, Ahmad Shah. Ahmad Shah dan pasukannya membunuh kira-kira 20 orang dalam seminggu.

In The Heart Of Sea

Kisah film ini berdasarkan kisah dari buku berjudul In The Heart Of The Sea: The Tragedy of the Whaleship Essex. Buku karya Nathaniel Philbrick itu berkisah tentang perjalanan sebuah kapal penangkap ikan paus.

Kapal bernama Essex itu berlayar dengan kapten George Pollard dan kelasi kelas 1 (asisten) bernama Owen Chase, dengan tujuan mendapatkan minyak ikan.

The Martian

Selama misi berawak ke Mars, astonot Mark Watney (Matt Damon) diduga tewas setelah badai ganas, dan ditinggalkan oleh krunya. Namun, Watney telah bertahan dan menemukan dirinya terdampar sendirian di planet yang mengerikan.

Dengan pasokan logistik yang sedikit, ia harus memanfaatkan kecerdikan, kecerdasan dan semangat untuk bertahan hidup, dan menemukan cara mengirim sinyal ke bumi untuk menunjukkan bahwa ia masih hidup.

Jutaan mil jauhnya, NASA dan tim ilmuwan internasional bekerja tanpa lelah untuk membawanya kembali ke bumi. Jika tidak berhasil, maka misi penyelamatan akan gagal.


Related

Film 4016852788607444783

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item