James Cameron, Sutradara Hollywood yang Kontroversial

James Cameron, Sutradara Hollywood yang Kontroversial

Naviri Magazine - Menyebut nama-nama sutradara Hollywood, tidak bisa melepaskan nama James Cameron. Pasalnya, dia salah satu sutradara Hollywood yang tidak hanya terkenal, tapi juga berpengaruh sekaligus kontroversial.

Sepanjang kariernya sebagai sutradara yang dimulai sejak 1984 lewat film The Terminator, Cameron baru menggarap 9 film. Namun, uang yang dikumpulkan 9 film itu sudah mencapai $6,1 miliar AS.

Dua film garapannya, yaitu Avatar dan Titanic, bahkan menduduki posisi nomor satu dan dua film terlaris sepanjang masa di dunia. Masing-masing meraup lebih dari $2 miliar AS.

Salah satu penyebab keberhasilan itu adalah sifat perfeksionisnya, yang juga membuatnya pribadi yang kontroversial. Terkadang, lelaki kelahiran Kanada ini sampai menyiksa kru dan pemain.

Saat syuting The Abyss (1989), Cameron bertengkar dengan aktor Ed Harris, yang dipaksa menggunakan helm penuh cairan, sehingga harus menahan napas di sebuah kolam sedalam 9 meter.

Dua aktor lain, yaitu Michael Biehn dan Mary Elizabeth Mastrantonio, juga sempat takut karena adegan berbahaya dalam air. Mastrantonio bahkan kena gangguan syaraf.

Sisi perfeksionis Cameron terlihat jelas saat astronomer Neil deGrasse Tyson melempar kritik terhadap film Titanic. Berlatar di lautan Atlantik pada 1912, menurut Tyson, posisi bintang di langit saat itu tidak seperti yang muncul di layar.

Cameron pun membenahinya. "Dengan reputasi saya sebagai seorang perfeksionis, saya seharusnya mengetahui itu. Jadi saya balas (surel dari Tyson) dan memintanya mengirim rasi bintang yang tepat, dan akan saya taruh di dalam film," ujar lelaki bernama lengkap James Francis Cameron itu.


Related

Figures 7305049462563415328

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item