Kisah dan Asal Usul Pecahnya Perang Dunia I

Kisah dan Asal Usul Pecahnya Perang Dunia I

Naviri Magazine - Sesaat sebelum pecahnya Perang Dunia I, Austria menyatakan perang terhadap Serbia, dengan alasan terbunuhnya putra mahkota kerajaan mereka, Pangeran Franz Ferdinand, yang dibunuh anggota kelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip, di Sarajevo. Peristiwa itu terjadi pada 28 Juli 1914.

Peristiwa inilah yang kelak dianggap sebagai awal pecahnya Perang Dunia I, yang kemudian melibatkan banyak negara di dunia.

Ketika akhirnya Perang Dunia I meletus, tentara Austria dan Serbia saling berhadapan. Austria, bersama Jerman dan Turki Ottoman, membentuk kekuatan bersama. Sedangkan Serbia bersama Rusia, Prancis, dan Inggris, beraliansi melawan Jerman dan para sekutunya.

Kemudian, pada 1 Agustus 1914, Perang Dunia I secara resmi dimulai dengan adanya pernyataan perang dari Jerman terhadap Rusia. Tiga hari sebelumnya, Austria juga menyatakan perang terhadap Serbia.

Setelah melancarkan perang terhadap Rusia, Jerman memerangi Prancis, dan setelah itu perang pun meluas secara cepat. Di dalam perang tersebut, Jerman bersekutu dengan Austria, Turki Ottoman, dan Hungaria, dan mereka berhadapan dengan Inggris, Rusia, Prancis, serta Serbia, yang bergabung dalam kelompok Sekutu.

Sebenarnya, persiapan perang tersebut telah dimulai sejak lama. Puluhan tahun sebelum pecahnya perang, negara-negara besar di Eropa terlibat dalam persaingan senjata, dan berusaha untuk memperluas wilayah kekuasaan mereka.

Di dalam perang tersebut, Jerman dan kelompoknya hampir memenangkan pertempuran. Tapi kemudian Amerika bergabung ke dalam kelompok Sekutu, sehingga kekuatan mereka semakin besar, dan berhasil mengalahkan Jerman.

Baca juga: Pertempuran Yutland, Perang Laut Terbesar Dalam Sejarah

Related

History 1759242207832410978

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item