Mozaik Sejarah Dunia: Pembubaran Parlemen Iran

 Mozaik Sejarah Dunia: Pembubaran Parlemen Iran

Naviri Magazine - Shah Muzafarruddin Qajari, raja terakhir dari Dinasti Qajar, membubarkan Parlemen Periode Tiga di Iran pada 14 November 1905. Tindakan ilegal tersebut dilakukannya setelah melakukan pertemuan dengan menteri-menteri Inggris dan Rusia.

Pada waktu itu, pemerintah Inggris dan Rusia berusaha menarik Iran agar terlibat dalam Perang Dunia I melawan Jerman. Karenanya, kedua negara tersebut mendatangkan pasukan mereka memasuki Iran. Pasukan Inggris masuk melalui wilayah selatan, sedang pasukan Rusia masuk lewat wilayah utara.

Atas kedatangan kedua pasukan dari dua negara tersebut, parlemen Iran pun menentang dan mendirikan Komite Pertahanan Nasional. Tetapi komite tersebut tidak dapat berbuat banyak, karena posisi Shah Iran lemah di hadapan negara-negara asing. Hasilnya, parlemen itu dibubarkan.

Sampai kemudian, pada tahun 1917, seiring terjadinya revolusi di Rusia, pasukan Rusia pun keluar dari Iran. Namun Inggris masih tetap bercokol di Iran, bahkan melebarkan sayap imperialismenya di negara tersebut.

Baca juga: Mozaik Sejarah Dunia: Berakhirnya Perang Marne

Related

History 3717674166271475738

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item