Achatina, Siput dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Achatina, Siput dengan Ukuran Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Di Afrika, ada siput raksasa bernama Achatina, dan cangkang siput itu dapat mencapai panjang 35 sentimeter—itu setara dengan seekor kelinci. Namun ada siput tertentu yang bahkan lebih panjang. Seekor siput peliharaan yang pernah diukur diketahui mencapai panjang 39 sentimeter dari kepala hingga ekor, dengan cangkang sepanjang 27 sentimeter, dan berat 900 gram.

Bagaimana cara siput berjalan tanpa kaki?

Siput bergerak dengan menggunakan otot tunggal tebal yang berfungsi sebagai semacam kaki. Gelombang kekuatan pada otot itu bergerak ke bagian sisi bawah kaki, mengangkat bagian tubuh, dan menggerakkannya ke arah depan. Jika dilihat dari atas, siput terlihat meluncur dengan gemulai.

Dalam proses itu, siput juga menghasilkan lendir atau ludah yang cukup lengket, yang membantu mereka mencengkeram ketika sedang memanjat.

Apakah semua siput menggulung dengan cara sama?

Pada sebagian besar siput, cangkangnya menggulung ke arah kanan. Jika kita memegang cangkang siput hingga bagian mukanya menghadap ke arah kita, mulutnya akan berada di bagian kanan. Namun, beberapa spesies memiliki cangkang yang mengarah ke arah kiri. Pada setiap spesies, masing-masing siput menggulung ke arah yang sama.


Related

Science 6625686170004492659

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item