Mengenal Pesut, Hewan Sungai yang Mirip Lumba-lumba

Mengenal Pesut, Hewan Sungai yang Mirip Lumba-lumba

Naviri Magazine - Pesut (orcaella brevirostris) adalah hewan mirip lumba-lumba yang biasa hidup di sungai-sungai daerah tropis.

Pesut memiliki kepala berbentuk bulat (seperti umbi) dengan dua mata berukuran kecil (diperkirakan sebagai adaptasi terhadap air yang berlumpur). Tubuh pesut berwarna abu-abu, lebih pucat di bagian bawah, dan tidak ada pola khas.

Pesut juga memiliki sirip punggung kecil dan membundar di belakang pertengahan punggung. Berdahi tinggi dan membundar, tidak memiliki paruh, dan sirip dadanya lebar membundar.

Pesut bergerak dalam kawanan kecil. Meski pandangannya tidak begitu tajam dan hidup dalam air yang mengandung lumpur, namun pesut sangat hebat dalam mendeteksi dan menghindari rintangan-rintangan.

Diperkirakan, mereka menggunakan ultrasonik untuk menentukan lokasi gema seperti yang dilakukan oleh kerabatnya di laut.

Apa perbedaan lumba-lumba dengan pesut?

Keduanya sangat sulit dibedakan jika tidak memeriksa gigi mereka. Lumba-lumba memiliki gigi berbentuk kerucut, sementara pesut memiliki gigi berbentuk sekop.

Selain itu, pada umumnya, pesut lebih kecil dibanding lumba-lumba, dan memiliki bagian perut yang lebih bundar dibanding lumba-lumba. Meski berbeda, pesut dan lumba-lumba sering kali berenang bersama dan sangat suka bermain.

Baca juga: Meski Disebut Ikan Paus, Sebenarnya Paus Bukan Ikan

Related

Science 4174025812437027976

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item