Fakta di Balik Sayap Penguin yang Sangat Kecil

   Fakta di Balik Sayap Penguin yang Sangat Kecil

Naviri Magazine - Salah satu faktor yang menyebabkan penguin tidak bisa terbang di udara adalah karena sayapnya yang terlalu kecil sehingga tidak mampu mengangkat berat tubuhnya. Namun, penguin memang lebih membutuhkan “terbang” di dalam air daripada terbang di udara, karena makanan penguin berada di bawah permukaan air.

Karena air memiliki massa jenis yang jauh lebih besar dibanding udara, sayap penguin pun harus lebih pendek dan lebih gemuk dibandingkan sayap burung terbang.

Dengan sayapnya yang kecil tersebut, penguin hanya terkena sedikit hambatan dalam air, sekaligus memungkinkan penguin lebih lincah dan tangkas di dalam air.

Tulang sayap penguin menyatu secara lurus, tidak miring seperti burung terbang, dan hal itu membuat sayap penguin lebih kaku serta lebih kuat seperti sebuah sirip. Sayap kecil dan bentuk tubuh penguin yang ramping sangat ideal untuk menyelam di dalam air.

Sayap yang lebih besar akan menciptakan hambatan yang terlalu banyak dalam air, sedangkan sayap penguin yang berukuran kecil sangat baik untuk berenang dan menyelam dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Mengapa Beruang-beruang Kutub Kadang Bertarung?

Related

Science 1217900494174202873

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item