Mengenal 3 Macam Simbiosis Dalam Biologi

Mengenal 3 Macam Simbiosis Dalam Biologi

Naviri Magazine - Simbiosis adalah interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda, dalam hubungan yang bersifat langsung dan erat. Organisme yang melakukan simbiosis disebut simbion. Berdasarkan sifat hubungannya, ada tiga macam simbiosis, yaitu:

Simbiosis Mutualisme: Merupakan cara hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda jenis, dan keduanya saling menguntungkan. Contohnya adalah hubungan antara burung kolibri dengan bunga. Burung kolibri mendapat keuntungan, yaitu madu dari bunga, sementara bunga mendapat keuntungan, yaitu dibantu penyerbukannya.

Simbiosis Komensalisme: Merupakan cara hidup bersama antara dua makhluk hidup berbeda jenis, namun hanya satu yang mendapat keuntungan, sementara yang lain tidak dirugikan. Contohnya adalah ikan badut dengan anemon laut.

Ikan badut di sekitar anemon laut mendapat perlindungan dan sisa makanan dari anemon laut. Sementara anemon laut tidak diuntungkan atau dirugikan dengan keadaan itu.

Simbiosis Parasitismse: Merupakan cara hidup bersama antara dua makhluk hidup berbeda jenis, namun makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sementara yang lain dirugikan. Organisme yang mendapat keuntungan disebut parasit, sedangkan organisme yang dirugikan disebut inang.

Contohnya adalah tumbuhan tali putri dengan inangnya. Tali putri mendapat keuntungan dengan mengisap makanan dari tubuh inangnya, sementara inangnya mendapat kerugian dengan keadaan tersebut.

Baca juga: Fisiologi, Ilmu Biologi yang Mempelajari Sistem Kehidupan

Related

Science 3573324751378846171

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item