Fisiologi, Ilmu Biologi yang Mempelajari Sistem Kehidupan

 Fisiologi, Ilmu Biologi yang Mempelajari Sistem Kehidupan

Naviri Magazine - Fisiologi adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan. Istilah “fisiologi” diambil dari bahasa Belanda, “physiologie”, yang dibentuk dari dua kata Yunani (“physis”, yang berarti “asal-usul” atau “hakikat”, dan “logia”, yang berarti “kajian”).

Fisiologi kadang juga disebut ilmu faal (dibaca: fa’al). Istilah “faal” diambil dari bahasa Arab, yang artinya “pertanda”, “fungsi”, atau “kerja”.

Fisiologi menggunakan berbagai metode untuk mempelajari biomolekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme secara keseluruhan dalam menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan.

Berdasarkan objek kajiannya, dikenal fisiologi manusia, fisiologi tumbuhan, dan fisiologi hewan, meski prinsip fisiologi bersifat universal dan tidak bergantung pada jenis organisme yang dipelajari.

Karena ilmu fisiologi sudah cukup tua, ilmu-ilmu lain pun telah berkembang yang merupakan turunan dari ilmu fisiologi. Beberapa di antaranya adalah biokimia, biofisika, biomekanika, genetika sel, farmakologi, dan ekofisiologi.

Baca juga: Kabar Buruk, NASA Menemukan Hal Mengerikan di Kutub Utara

Related

Science 823709352688810425

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item