Mengenal Tikus Afrika, Spesies Tikus Berukuran Raksasa

 Mengenal Tikus Afrika, Spesies Tikus Bertubuh Raksasa

Naviri Magazine - Di kawasan kumuh Afrika Selatan, banyak terdapat tikus-tikus berukuran besar, bahkan dapat dibilang raksasa, yang dapat tumbuh hingga sepanjang 1 meter—dari moncong hingga ekor. Gigi depannya saja sepanjang 2,5 sentimeter.

Tikus-tikus itu diyakini termasuk jenis African Giant Pouched Rats, salah satu jenis tikus terbesar di dunia. Mereka lebih aktif di malam hari, pemakan segala, dan bisa memproduksi 50 anak dalam setahun.

Karena ukurannya yang amat besar, beberapa suku di Afrika mengembangbiakkan tikus jenis itu untuk dimakan. Namun, tikus-tikus yang hidup secara liar juga berpotensi bahaya.

Belum lama, muncul berita heboh tentang serangan tikus-tikus raksasa itu terhadap bayi-bayi yang kebetulan sedang ditinggal ibunya. Kadang-kadang, tikus itu bahkan berani menyerang orang tua yang lemah.

Seberapa cepat tikus tanah menggali?

Tikus tanah bisa menggali terowongan sepanjang 2 meter hanya dalam waktu 12 menit. Bagi tikus tanah, menggali terowongan sepanjang 100 meter dalam semalam adalah hal biasa.

Baca juga: Rahasia Ajaib yang Membuat Burung Tak Pernah Tersesat

Related

Science 3927528940585331988

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item