Apakah Komodo Bisa Mendengar Suara di Sekelilingnya?

Apakah Komodo Bisa Mendengar Suara di Sekelilingnya?

Naviri Magazine - Dulu, komodo pernah dianggap tuli, karena—berdasarkan penelitian—dilihat bahwa bisikan, suara yang meningkat, dan teriakan, ternyata tidak mengakibatkan agitasi (gangguan) pada komodo liar.

Namun, hal itu kemudian terbantah ketika karyawan Kebun Binatang London ZSL, Joan Proctor, melatih biawak agar keluar untuk makan dengan intruksi suaranya. Biawak-biawak itu mendengar intruksi tersebut, terbukti mereka selalu keluar setelah mendengar suara Joan Proctor, bahkan ketika ia tidak terlihat oleh si biawak.

Faktanya, komodo tidak tuli. Namun, meski memiliki lubang telinga, komodo tidak memiliki indra pendengaran yang baik.

Seberapa cepat reptil bergerak?

Meski mereka kelihatan seperti berlari dengan cepat, namun umumnya tubuh mereka melengkung dari sisi ke sisi. Karenanya, kebanyakan reptil sebenarnya bergerak dengan lambat. Kecepatan paling cepat yang tercatat untuk ular adalah sekitar 6 kilometer per jam, dan untuk kadal adalah 16 kilometer per jam.

Reptil juga termasuk hewan yang mudah terengah-engah setelah berlari, sehingga mereka tidak bisa berlari pada jarak yang jauh. Jika reptil memang harus menempuh perjalanan jauh, maka mereka akan melakukannya dengan perlahan, sesuai kemampuannya.

Baca juga: Apakah Reptil Mengenali Berbagai Macam Warna?

Related

Science 3429289994410703475

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item