Ciri-ciri Dajjal yang Akan Muncul di Bumi Menjelang Kiamat

Ciri-ciri Dajjal yang Akan Muncul di Bumi Menjelang Kiamat

Naviri Magazine - Ada beberapa tanda penting yang menjadi pertanda kiamat akan segera tiba, menurut ajaran Islam. Salah satu tanda yang sangat penting adalah munculnya Dajjal. Dalam ajaran Islam, jika Dajjal sudah muncul di muka bumi, artinya kiamat akan terjadi tak lama lagi.

Siapakah sebenarnya Dajjal, dan bagaimanakah ciri-cirinya?

Berdasarkan riwayat, Dajjal adalah manusia, dalam arti bukan jin atau makhluk lain. Ia manusia yang ditangguhkan ajalnya, seperti halnya Nabi Isa AS yang diangkat oleh Allah SWT ke atas langit dan ditangguhkan kematiannya, sehingga nantinya turun ke muka bumi, lalu akan mati dan dikuburkan di Madinah. Sama juga halnya dengan Nabi Khidhir, para malaikat, dan iblis, yang sama-sama ditangguhkan kematiannya hingga kiamat nanti.

Berdasarkan riwayat, Dajjal memiliki orang tua yang bertubuh tinggi dan gemuk. Dia memiliki hidung seperti paruh burung.

Menurut Imam Al Barzanji, ada pendapat mengatakan bahwa ayah Dajjal ialah dukun Yahudi yang disebut “syaqq”, sedangkan ibunya berasal dari bangsa jin. Ia hidup di zaman Nabi Sulaiman AS, dan mempunyai hubungan dengan makhluk halus. Lalu, oleh Nabi Sulaiman, ia akhirnya ditangkap dan dimasukkan ke penjara. Walau bagaimana pun, kelahiran dan kehidupan masa kecil Dajjal tidak diketahui secara jelas.

Ciri-ciri tubuhnya

Hadist yang diriwayatkan oleh Huzaifah RA menjelaskan, “Rasulullah SAW telah bersabda: Dajjal ialah orang yang buta sebelah matanya, yaitu sebelah kiri, lebat (panjang) rambutnya, serta mempunyai surga dan neraka. Nerakanya merupakan surga, dan surganya ialah neraka (hadis sahih Muslim).”

Ada beberapa ciri perawakan Dajjal yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW, di antaranya: Seseorang yang kelihatannya masih muda, berbadan besar dan agak kemerah-merahan, rambutnya keriting dan tebal. Saat kelihatan dari belakang, seolah-olah dahan kayu yang rimbun.

Dan tandanya yang paling jelas adalah:

Pertama: Buta mata kirinya, dan kelihatan seperti buah kismis yang kecut. Mata kanannya tertonjol keluar kehijau-hijauan, berkelip-kelip laksana bintang. Jadi kedua matanya cacat.

Kedua: Tertulis di dahinya tulisan “Kafir (Kaf-Fa-Ra)”. Tulisan ini dapat dibaca oleh setiap orang Islam, terlepas pandai membaca atau tidak. Mengikut hadis riwayat At-Thabrani, kedua tanda ini menjelma dalam diri Dajjal setelah ia mengaku sebagai tuhan. Adapun sebelum itu, kedua tanda tersebut belum ada pada dirinya.

Baca juga: Peringatan dan Penjelasan Nabi Muhammad Mengenai Dajjal

Related

Moslem World 6526271361099444709

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item