Mengenali Ciri Khas Nyeri Dada Akibat Masalah Jantung

Mengenali Ciri Khas Nyeri Dada Akibat Masalah Jantung

Naviri Magazine - Salah satu tanda terkait masalah kesehatan jantung adalah munculnya nyeri di dada. Karenanya, banyak orang yang buru-buru panik ketika mendapati dadanya sakit atau terasa nyeri. Yang menjadi masalah, tidak semua rasa nyeri yang muncul di dada pasti berkaitan dengan masalah jantung.

Nyeri dada penyakit jantung memiliki karakteristik yang khas. Nyeri tersebut harus terjadi pada saat beraktivitas, peningkatan aktivitas, atau emosi tinggi. Penyebabnya, jantung bekerja lebih keras saat beraktivitas dibandingkan saat beristirahat.

Nyeri dada yang terjadi saat beristirahat, namun tidak terjadi saat beraktivitas atau emosi tinggi, bukanlah ciri khas nyeri dada karena jantung.

Ciri khas berikutnya, nyeri dada khas jantung biasanya tidak bisa ditunjuk dengan 1 jari, dan bukan nyeri di permukaan.

Biasanya ada rasa tidak nyaman yang berasal dari dalam (belakang tulang dada) dan terasa seperti ditekan oleh balok kayu yang berat. Nyeri dada ini juga tidak dapat berkurang dengan perubahan posisi, menarik napas, ataupun asupan makanan. Nyeri dada ini juga bisa disertai dengan penjalaran ke rahang, ulu hati, tangan kiri atau kanan, sampai ke punggung.

Nyeri tersebut berlangsung minimal sampai 5 menit. Nyeri dada yang terjadi kurang dari 1 menit walaupun terjadi di dada sebelah kiri, bukan merupakan nyeri dada khas jantung.

Jika Anda mengalami nyeri dada yang tidak hilang lebih dari 30 menit, kemudian semakin berat dengan aktivitas, saya anjurkan Anda segera datang ke UGD terdekat.

Baca juga: Memahami Tiga Tahap Penyakit Jantung Koroner

Related

Health 5919425628313941509

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item