Hiu, Hewan Laut dengan Gigitan Paling Mematikan

Hiu, Hewan Laut dengan Gigitan Paling Mematikan

Naviri Magazine - Hiu pemburu memiliki gigi-gigi berbentuk segitiga, dengan ujung-ujung yang bergerigi seperti gergaji. Karenanya, gigitan hiu sangat mematikan.

Seekor hiu kira-kira memiliki gigi sejumlah 3.000 buah di dalam mulutnya, yang tersusun dalam bentuk berderet, hingga 20 deret. Namun, hanya gigi yang berada pada deretan ujung paling luar yang digunakannya untuk menggigit.

Bagaimana hiu menggantikan giginya yang tanggal?

Gigi hiu tidak berada dalam satu baris seperti gigi manusia. Hewan itu memiliki gigi yang membentuk dalam beberapa baris, satu di belakang yang lain. Ketika hiu menggigit mangsa, sering kali gigi bagian depan patah atau tanggal.

Tetapi, sehari atau dua hari kemudian, gigi dari baris belakang atau bagian dalam akan bergeser ke depan atau ke deretan luar untuk menggantikan gigi yang tanggal, sehingga gigi yang digunakan untuk menggigit mangsa tetap tajam.

Seumur hidupnya, seekor hiu bisa kehilangan 20 ribu giginya, namun juga mendapatkan gigi pengganti dengan cara mudah seperti yang dijelaskan di atas.

Baca juga: Mengungkap Misteri di Balik Leher Jerapah yang Panjang

Related

Science 1344130578771005372

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item