Mengapa Kalajengking Mampu Tidak Makan Sampai Lama?

Mengapa Kalajengking Mampu Tidak Makan Sampai Lama?

Naviri Magazine - Kalajengking memiliki bentuk adaptasi yang unik, yaitu kemampuannya dalam memperlambat tingkat metabolisme mereka. Hewan itu memiliki organ yang disebut hepatopancreas yang sangat efisien dan memenuhi fungsi yang setara dengan hati dan pankreas pada manusia.

Selain itu, dalam sekali makan, kalajengking diketahui dapat memakan makanan hingga sepertiga berat tubuh mereka.

Karena besarnya jumlah makanan yang dikonsumsi, ditunjang cara tubuh mereka yang sangat efisien dalam menghemat nutrisi, dan kemampuan dalam memperlambat metabolisme mereka, kalajengking pun diketahui mampu bertahan tidak makan hingga satu tahun penuh—suatu kemampuan yang luar biasa.

Diperkirakan, kalajengking hanya makan paling banyak 5 sampai 50 kali per tahun. Selain itu, beberapa spesies kalajengking juga dapat bertahan tidak minum air hingga dua hari.

Bagaimana kalajengking memakan hewan yang lebih besar?

Kalajengking menangkap mangsa yang cukup besar, seperti tikus dan kadal, namun mereka memiliki mulut yang kecil. Untuk dapat memakannya, kalajengking pun menghancurkan mangsanya hingga menjadi semacam jus.

Penjepit mereka yang kuat membantu kalajengking mencabut bagian tubuh mangsanya, dan menghancurkannya menjadi serpihan-serpihan kecil, yang kemudian diisap kalajengking ke dalam mulutnya.

Baca juga: Rahasia Menakjubkan di Balik Bentuk Rumah Lebah

Related

Science 3847462284701608349

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item