Mengapa Indonesia Rawan Terkena Gempa Bumi?

Mengapa Indonesia Rawan Terkena Gempa Bumi?

Naviri Magazine - Di antara beberapa musibah lain, gempa bumi adalah salah satu musibah yang cukup kerap datang melanda Indonesia. Bahkan tidak jarang gempa bumi tersebut diikuti oleh tsunami, sehingga dampak kerusakan yang terjadi sangat parah. Korban yang terdampak bencana gempa bumi pun harus kehilangan rumah mereka yang hancur, sementara kehidupan di lokasi bencana bisa dibilang berhenti.

Apa yang menyebabkan gempa bumi, dan mengapa Indonesia rawan terkena gempa bumi? Penyebab gempa bumi tektonik adalah pergeseran dan bertubrukannya tiga lempeng besar yang kebetulan berada di wilayah Indonesia.

Pertama adalah Lempeng Samudra Pasifik yang bergerak ke arah barat dan barat laut dengan kecepatan 10 cm/tahun.

Kedua, Lempeng Samudra India-Benua Australia (Indo-Australia) yang bergerak ke arah utara dan timur laut dengan kecepatan 7 cm/tahun.

Ketiga yakni Lempeng Benua Eurasia yang bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 13 cm/tahun.

Indonesia juga rawan diguncang gempa, sebab berada di area Cincin atau Lingkaran Api Pasifik (Ring of Fire). Cincin Api Pasifik adalah serangkaian gunung berapi berbentuk tapal kuda sepanjang 40.000 kilometer.

Sebanyak 90 persen dari gempa yang terjadi (dan 81 persen gempa terbesar) di dunia terjadi di sepanjang “sabuk gempa Pasifik” ini.

Baca juga: Mitologi dan Kepercayaan Kuno Atas Terjadinya Gempa Bumi

Related

Science 7175154683046804612

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item