Negara-negara dengan Populasi Muslim Terbanyak di Dunia

Negara-negara dengan Populasi Muslim Terbanyak di Dunia

Naviri Magazine - Pada tahun 30 Hijriyah atau 651 Masehi—sekitar 20 tahun setelah wafatnya Rasulullah SAW—Khalifah Utsman bin Affan mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang waktu itu belum lama berdiri. Delegasi itu menempuh perjalanan sampai empat tahun, dan selama dalam perjalanan itu mereka sempat singgah di Kepulauan Nusantara.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Itulah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu, para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri Nusantara sambil berdakwah.

Di masa sekarang, Indonesia menjadi negara dengan populasi Muslim terbesar dunia. Sebanyak 88 persen atau sekitar 182 juta orang penduduk negeri ini beragam Islam. Selain Indonesia, berikut ini negara-negara lain yang juga memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.

Pakistan

Mungkin ada di antara kita yang belum tahu bahwa nama Pakistan diambil dari nama beberapa daerah di sana, yaitu Punjab, Afghan, Kashmir, Sind, dan Baluchistan. Sedangkan dalam bahasa Persi, “Pak” memiliki arti “Suci”, dan “Stan” memiliki arti “Negara”. Gabungan dua istilah itu tampaknya merupakan refleksi harapan para pendirinya agar Pakistan menjadi negara yang bersih.

Negara yang terletak di Asia Selatan itu memiliki populasi lebih dari 150 juta penduduk, dan sebanyak 134 juta orang di antaranya adalah Muslim.

India 

Agama mayoritas di India adalah Hindu, yang mencapai 80,5 persen dari total populasi. Namun, meski begitu, India menjadi negara yang memiliki populasi Muslim terbesar dunia, selain Indonesia dan Pakistan. Jumlah Muslim di India sekitar 121 juta orang, atau 16,5 persen dari total populasi.

Sejak masuk ke India, Islam telah memberi banyak sumbangan berupa kesenian, falsafah, kebudayaan, kemasyarakatan, yang kesemuanya mempengaruhi politik, sejarah, dan kehidupan India.

Bangladesh 

Islam masuk ke Bangladesh di wilayah Bengal, pada abad ke-13, melalui kedatangan para pedagangan Arab. Di masa sekarang, Islam menjadi agama terbesar di Bangladesh. Dalam sensus tahun 2001, jumlah Muslim di negara itu mencapai 114 juta orang, atau sekitar 88 persen dari total populasi.

Turki 

Di masa kini, Turki telah menjadi bangsa yang modern. Namun, negara itu memiliki tradisi Islam yang bisa dirunut ke belakang, ke zaman permulaan Dinasti Seljuk dan Kekhalifahan Utsmaniyah.

Karenanya, dengan segala modernitas yang dimilikinya, Turki sangat kental dengan kebudayaan Islam. Di negeri itu, jumlah Muslim mencapai sekitar 65 juta orang.

Iran 

Sejarah awal Iran meliputi negara Iran dan juga negara-negara tetangganya yang memiliki persamaan dalam kebudayaan dan bahasa. Pada masa itu, negara-negara tersebut diperintah oleh kekaisaran-kekaisaran seperti Kekaisaran Media dan Kekaisaran Akhemenid.

Negara-negara yang semula terpisah itu lalu bergabung dan membentuk Iran yang kita kenal sekarang. Jumlah Muslim di Iran sekitar 62 juta orang.

Mesir 

Islam mulai masuk ke Mesir pada tahun 628 Masehi. Pada waktu itu, Rasulullah SAW mengirim surat pada Gubernur Mukaukis—yang berada di bawah kekuasaan Romawi—untuk mengajak masuk Islam.

Kemudian, pada 639 Masehi, ketika Islam di bawah kepemimpinan Umar bin Khattab, sebanyak 3.000 pasukan Amru bin Ash memasuki Mesir, yang diperkuat pasukan Zubair bin Awwam berkekuatan 4.000 orang.

Gubernur Mukaukis lalu menandatangani perjanjian damai. Sejak itu, Mesir menjadi wilayah Islam. Di masa sekarang, Mesir menjadi negara dengan penduduk Muslim terbesar dunia, dengan jumlah orang Islam di sana mencapai 58 juta orang.

Nigeria 

Masuknya Islam ke Nigeria melalui kedatangan para pedagang Muslim yang datang ke sana. Selain berdagang, mereka juga memperkenalkan misi utama ajaran Islam, yaitu mengembangkan perdamaian, keadilan, dan kesejahteraan.

Di masa kini, Islam menjadi agama yang dianut oleh lima puluh persen populasi Nigeria, dengan jumlah sekitar 53 juta orang.

Aljazair

Aljazair bernama resmi Republik Demokratis Rakyat Aljazair, terletak di pesisir Laut Tengah, Afrika Utara. Dalam bahasa Arab, yang merupakan asal nama negara tersebut, al-jaza’ir berarti “kepulauan”, yang mengacu pada empat pulau yang terletak berdekatan dengan Aljir, ibukota sekaligus pusat pemerintahan negara ini.

Dengan jumlah penduduk sekitar 37 juta jiwa, penghuni Muslim di Aljazair sekitar 30 juta jiwa.

Maroko 

Di masa sekarang, Maroko adalah bangsa modern. Namun, pada abad ke-7 Masehi, Maroko adalah bangsa barbar, sampai kemudian bangsa Arab masuk ke sana. Masuknya bangsa Arab ke Maroko tidak hanya mengubah peradaban di sana, namun juga membawa serta memperkenalkan kebudayaan dan ajaran Islam.

Sejak itu, Maroko yang semula barbar pun memeluk ajaran Islam. Sekarang, populasi Muslim di sana mencapai sekitar 28 juta orang.

***

Selain negara-negara yang disebutkan di atas, berikut ini negara-negara lain yang juga memiliki populasi Muslim dalam jumlah besar:
Saudi Arabia (100 persen dari total populasi).
Somalia (100 persen dari total populasi).
Mauritania (99,9 persen dari total populasi).
Afghanistan (99 persen dari total populasi).
Yaman (99 persen dari total populasi).
Tunisia (99 persen dari total populasi).
Oman (99 persen dari total populasi).
Irak (97 persen dari total populasi).
Libya (97 persen dari total populasi).
Yordania (95 persen dari total populasi).
Tajikistan (95 persen dari total populasi).
Senegal (94 persen dari total populasi).
Azerbaijan (93,4 persen dari total populasi).
Mali (90 persen dari total populasi).
Nigeria (90 persen dari total populasi).
Uzbekistan (89 persen dari total populasi).
Turkmenistan (89 persen dari total populasi).
Suriah (88 persen dari total populasi).
Guinea (85 persen dari total populasi).
Kuwait (85 persen dari total populasi).
Thailand (85 persen dari total populasi).
Kirgizstan (80 persen dari total populasi).
Uni Emirat Arab (76 persen dari total populasi).
Albania (70 persen dari total populasi).
Sudan (65 persen dari total populasi).
Malaysia (60,4 persen dari total populasi).
Sierra Leone (60 persen dari total populasi).
Lebanon (59 persen dari total populasi).
Chad (54 persen dari total populasi).
Burkina Faso (52 persen dari total populasi).
Ethiopia (50 persen dari total populasi).
Eritrea (50 persen dari total populasi).
Kazakhstan (47 persen dari total populasi).
Pantai Gading (38,6 persen dari total populasi).
Filipina (35 persen dari total populasi).
Tanzania (35 persen dari total populasi).
Serbia dan Montenegro (21 persen dari total populasi).
Malawi (20 persen dari total populasi).
Kamerun (20 persen dari total populasi).
Mozambik (20 persen dari total populasi).
Kenya (17 persen dari total populasi).
Ghana (16 persen dari total populasi).
Rusia (15 persen dari total populasi).
Uganda (15 persen dari total populasi).
Jerman (13,7 persen dari total populasi).
Kongo/Kinshasa (10 persen dari total populasi).
Prancis (6,9 persen dari total populasi).
Cina (1,5 persen dari total populasi).
Amerika Serikat (1,5 persen dari total populasi).


Related

Moslem World 1157024396350849113

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item