Paedocypris, Ikan dengan Ukuran Paling Kecil di Dunia

Paedocypris, Ikan dengan Ukuran Paling Kecil di Dunia

Naviri Magazine - Pada saat ini, ikan paling kecil di dunia adalah ikan yang disebut Paedocypris. Ikan itu ditemukan di daerah rawa-rawa tanah gambut di pulau Sumatera. Bahkan pada usia dewasanya, ikan tersebut hanya berukuran 7,9 milimeter.

Jenis ikan tersebut hidup di rawa-rawa yang berair asam, dan makanannya adalah plankton yang hidup di dekat dasar rawa. Ikan itu tidak memiliki tulang kepala, bertelur, namun telurnya sedikit.

Selain itu, ada pula ikan gobi kerdil yang sebelumnya juga dianggap sebagai ikan terkecil di dunia. Ketika dewasa, ikan itu hanya berukuran panjang 1 sentimeter. Ikan tersebut dapat ditemukan di Samudera Hindia.

Bayi hewan apa yang paling besar?

Ikan paus biru betina, paus terbesar di dunia, juga melahirkan bayi yang terbesar. Ketika lahir, bayi paus biru mencapai ukuran panjang 7 meter (23 kaki) dengan berat badan yang mencapai 2,5 ton—setara dengan berat seekor gajah dewasa.

Selain itu, bayi paus biru juga menyusu pada induknya dalam jumlah yang sangat besar—sekitar 100 liter setiap hari—sehingga tubuhnya pun bertambah berat dengan cepat. Ketika berusia 6 bulan, bayi paus bisa mencapai panjang hingga 16 meter (54 kaki).

Baca juga: Paus Biru, Hewan Terbesar yang Saat Ini Masih Hidup

Related

Science 557850997008418956

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item