Paus Biru, Hewan Terbesar yang Saat Ini Masih Hidup

Paus Biru, Hewan Terbesar yang Saat Ini Masih Hidup

Naviri Magazine - Untuk saat ini, hewan paling besar di dunia adalah paus biru (balaenoptera musculus). Berat hewan ini mencapai 130.000 kilogram. Itu setara dengan berat 30 ekor gajah atau sekitar 1.600 manusia. Sedang panjangnya dapat mencapai 30 meter atau lebih. Itu setara dengan panjang antrian 15 mobil BMW.

Rata-rata paus biru betina lebih panjang dibanding paus bitu jantan. Paus biru terbesar yang pernah tercatat memiliki panjang 33 meter, dengan berat 160 ton.

Paus biru juga merupakan hewan terbesar yang mengunjungi Arktik. Mereka datang ke laut Arktik dan Antartika selama musim semi dan musim panas untuk mencari makan.

Pada musim gugur, mereka bermigrasi ke laut tropis, tempat anak-anak mereka lahir. Paus biru tidak masuk dalam golongan ikan, melainkan mamalia. Ia bernapas dengan paru-paru, melahirkan, dan menyusui anaknya.

Apa makanan paus yang besar itu?

Paus biru tidak mencapai ukurannya yang sangat besar itu dengan memakan makhluk lain yang besar. Uniknya, ikan paus yang amat besar itu pemakan makhluk kecil menyerupai udang, yang disebut krill. Selain krill, mereka juga memakan ikan-ikan kecil, cumi-cumi, dan plankton.

Paus tersebut memiliki tulang gigi yang panjang dan tipis, yang menggantung dari rahang bagian atas mereka. Tulang gigi itu berfungsi seperti saringan yang sangat besar, sehingga jutaan plankton dan ikan-ikan kecil yang berhasil tersaring akan tinggal di dalam mulutnya.

Baca juga: Ternyata, Tidak Semua Ikan di Laut Pasti Bertelur

Related

Science 5896340258442086000

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item