Penjelasan Ilmiah Mengapa Pluto Tidak Bisa Disebut Planet

Penjelasan Ilmiah Mengapa Pluto Tidak Bisa Disebut Planet

Naviri Magazine - Pluto ditemukan oleh Clyde William Tombaugh, astronom muda di Observatorium Lowell, pada 18 Februari 1930. Sejak saat itu, Pluto menjadi anggota Bimasakti yang letaknya paling jauh.

Jarak Pluto dengan Matahari adalah 5.900,1 juta kilometer. Pluto memiliki diameter mencapai 4.862 kilometer, dan memiliki massa 0,002 massa Bumi. Periode rotasi Pluto adalah 6,39 hari, sedangkan periode revolusinya 248,4 tahun.

Bentuk Pluto mirip Bulan dengan atmosfer yang mengandung metan. Suhu permukaan Pluto berkisar -2.330 derajat Celsius sampai -2.230 derajat Celsius, hingga sebagian besar berwujud es.

Tujuh puluh enam tahun setelah menyandang sebutan planet, akhirnya diputuskan bahwa Pluto tidak bisa dimasukkan dalam golongan planet. Melalui voting pada sidang umum Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union, IAU) di Praha, Ceko, 24 Agustus 2006, para astronom sepakat bahwa Pluto bukan planet.

Pada 7 September 2006, nama Pluto bahkan diganti dengan nomor, yaitu 134340. Nama atau nomor itu diberikan oleh Minor Planet Center (MPC), organisasi resmi yang mengumpulkan dan mengurus data mengenai asteroid dan komet dalam tata surya kita. Lalu mengapa Pluto tidak lagi disebut planet? Ada beberapa penyebab, di antaranya berikut ini.

Benda angkasa disebut sebagai planet jika memiliki bagian seperti Bumi, yaitu gas, batu, dan air. Sedangkan Pluto hanya memiliki batu dan es. Ukuran Pluto juga tergolong kecil, tidak sampai setengah dari diameter Merkurius yang merupakan planet sangat kecil. Kemudian, orbit Pluto juga kadang tumpang tindih dengan orbit Neptunus.

Selain itu, Pluto berukuran hampir sama dengan satelit-satelitnya, yang membuat Pluto hanya dianggap sebagai benda langit, yang tidak bisa disebut planet.

Baca juga: Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

Related

Science 1774790720176660088

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item