Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

Merkurius, Planet yang Paling Dekat dengan Matahari

Naviri Magazine - Planet yang paling dekat dengan Matahari adalah Merkurius. Siklus rotasi Merkurius sangat lama. Jika Matahari muncul 24 jam sehari di Bumi, di Merkurius bisa 1.400 jam. Karena itu, satu hari di planet Merkurius lamanya hampir 2 bulan kalau menggunakan standar waktu Bumi.

Menggunakan waktu Bumi, Merkurius mengelilingi Matahari setiap 88 hari. Karena itu, menurut waktu Merkurius, Matahari hanya terbit dan tenggelam di planet itu 3 kali dalam 2 tahun.

Apa yang disebut satelit alami?

Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia, yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya. Misalnya, Bulan adalah satelit alami Bumi.

Sebenarnya, terminologi ini juga berlaku bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi. Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami Matahari.

Baca juga: Bagaimana Cara Astronom Mengetahui Bentuk Galaksi Bimasakti?

Related

Science 4757995923951402625

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item