Hilangnya Peradaban Olmec, Masyarakat Maju Pertama di Bumi

Hilangnya Peradaban Olmec, Masyarakat Maju Pertama di Bumi

Naviri Magazine - Bangsa Olmec, yang terbentuk tahun 1200 Sebelum Masehi di kawasan Meksiko, adalah peradaban tertua di benua Amerika, bahkan nantinya mempengaruhi suku Maya dan Aztec.

Peradaban Olmec juga sudah menyembah dewa sebelum bangsa Maya, bahkan menjalankan ritual persembahan manusia pada dewa. Beberapa dewa Olmec yang diketahui adalah naga, burung raksasa, monster ikan, dan dewa air.

Bangsa Olmec juga terkenal dengan karya ukir mereka, misalnya patung kepala raksasa dan ukiran batu giok. Kekayaan budaya ini membuat Olmec kerap dikatakan 'ibu' kebudayaan dan peradaban Amerika kuno.

Peradaban ini diperkirakan menghilang dalam waktu singkat di tahun 400 Sebelum Masehi. Pusat-pusat pemerintahan Olmec yang ada di kota La Venta dan San Lorenzo disebut ilmuwan sudah sepi penghuni saat itu, sebelum akhirnya benar-benar lenyap.

Tidak ada yang tahu pasti alasan hilangnya bangsa Olmec. Ilmuwan hanya bisa memprediksi bila saat itu terjadi perubahan iklim ekstrem, dan kondisi masyarakat yang rawan konflik.

Baca juga: Gobekli Tepe, Kuil Tertua di Dunia yang Misterius

Related

Mistery 426486063439427523

Recent

item