Peradaban Pueblo, Masyarakat Zaman Kuno yang Kini Punah

Peradaban Pueblo, Masyarakat Zaman Kuno yang Kini Punah

Naviri Magazine - Leluhur Pueblo, yang dijuluki Anasazi oleh suku Navajo, merupakan salah satu contoh peradaban yang punah karena perubahan iklim. Setelah mendominasi dataran tinggi Colorado di tempat-tempat seperti Chaco Canyon dan Mesa Verde, bangsa Pueblo meninggalkan rumah khas mereka sekitar abad ke 12 hingga 13, dan tak jelas mengapa mereka pergi.

Ada bukti-bukti peperangan, pengorbanan manusia, dan kanibalisme. Tetapi banyak ilmuwan berspekulasi bahwa lingkungan yang rusak akibat perubahan iklim merupakan penyebab utama kepergian mereka.

Menurut NOAA bidang Paleoklimatologi, penurunan populasi bangsa Pueblo di Mesa Verde dan Chaco Canyon bertepatan dengan musim kemarau berkepanjangan, yang terjadi di San Juan Basin antara tahun 1130 dan 1180.

Kurangnya curah hujan dikombinasikan dengan lingkungan yang terlalu dieksploitasi, mungkin telah menyebabkan kekurangan pangan.

Bahkan metode irigasi orang-orang Chaco tak mampu mengatasi kekeringan yang berkepanjangan. Tekanan dari kaum Chaco, dan pendatang-pendatang baru, lambat laun menyebabkan disintegrasi sosial yang menyebabkan kepunahan peradaban bangsa Pueblo.


Related

World's Fact 4839039974839353698

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item