Perusahaan Raksasa Google Ternyata Berawal di Garasi Sempit

Perusahaan Raksasa Google Ternyata Berawal di Garasi Sempit

Naviri Magazine - Saat ini, Google sudah menjadi perusahaan raksasa, dengan mesin pencari yang digunakan jutaan orang di dunia maya. Google juga memiliki YouTube, situs video terbesar di dunia, yang ditonton jutaan orang setiap saat. Sebagai perusahaan raksasa, Google pun saat ini telah memiliki kantor yang sama raksasa. Namun, ternyata, perusahaan raksasa itu berawal dari sebuah garasi sempit.

Kenyataan itu terungkap saat Google merayakan ulang tahunnya yang ke-15. Menandai usianya yang telah menginjak 15 tahun, Google mengadakan acara khusus di garasi rumah yang merupakan cikal bakal berkembangnya mesin pencari raksasa itu.

Dilansir dari The Verge, Google mengundang sekelompok orang untuk datang ke rumah di alamat 232 Santa Margarita di Menlo Park, Califronia, AS. Rumah itu kini milik Senior Vice President Product Management Google, Susan Wojcicki.

Dalam keterangannya, Wojcicki mengisahkan kembali bagaimana awal pendiri Google mengembangkan perusahaan yang bermula dari garasi kecil itu.

"Pada 1998, Sergey dan Larry (dua pendiri Google) yang pertama mendapatkan dana, dan mereka mencari ruang kantor," ungkapnya. Sebagai teman, Wojcicki kemudian merasa perlu meminjamkan garasi rumahnya, yang kala itu akan digadaikan. Dia berinisiatif membenahi garasi rumahnya agar dua pendiri Google itu tertarik.

Singkat cerita, dua pendiri itu akhirnya mau menempati garasi yang terbilang sempit itu, tak lebih dari 20 meter persegi. Selang lima bulan, tim awal Google membutuhkan ruang yang lebih besar. Di saat itu pula kebutuhan karyawan juga bertambah. Wojcicki pun direkrut Google.

Menandai sejarah itu, Google mengumumkan pengembangan teknologi pencarian. Google telah meningkatkan mesin pencarian dengan memperkenalkan pencarian berbasis algoritma dengan kode nama Hummingbird, serta desain ulang pencarian untuk mobile.

Kini, Google menyulap garasi itu menjadi lokasi perayaan ulang tahunnya yang ke 15 tahun. Beberapa orang diundang secara eksklusif untuk bernostalgia dengan masa-masa jatuh bangun Google kala merintis.

Baca juga: Misteri Hewan yang Menjadi Ikon di Logo Browser Firefox

Related

Internet 6376205147944011070

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item