Wow, Ternyata Ada Tupai yang Bisa Terbang!

Wow, Ternyata Ada Tupai yang Bisa Terbang!

Naviri Magazine - Diperkirakan ada sekitar 320 jenis tupai di seluruh dunia, dari yang besar seukuran kucing sampai yang kecil seukuran tikus. Tupai-tupai tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok umum, yaitu tupai tanah dan tupai pohon. Selain itu, ada juga tupai terbang, yang memang bisa terbang.

Tupai pohon dapat melompat hingga sejauh 3 meter, karena memiliki ekor panjang yang membantunya mengubah arah dan menjaga keseimbangan. Namun tupai terbang dapat meloncat sepuluh kali lebih jauh dari tupai pohon, karena hewan itu memiliki lapisan kulit di antara kaki depan dan belakangnya.

Kulit itu membentuk parasut ketika tupai terbang meloncat, sehingga memungkinkannya melayang di udara. Mereka mampu terbang hingga ketinggian 60 meter di udara.

Tupai terbang memiliki bulu halus dan mata yang lebar, dengan panjang sekitar 8 sampai 60 sentimeter, belum termasuk ekornya. Tupai terbang hidup di atas pohon dan jarang turun ke tanah seperti jenis tupai lainnya.

Tupai terbang juga termasuk hewan nokturnal yang aktif pada malam hari, dan mampu melihat dengan jelas dalam kegelapan malam. Pada saat ini terdapat 35 spesies tupai terbang yang dapat ditemukan di Amerika Utara, Afrika, Eropa, dan beberapa bagian negara Asia.

Baca juga: Saat Kawin, Katak Saling Bernyanyi di Bawah Hujan

Related

Science 8497139703816825322

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item