Allosaurus, Theropoda Terbesar Sepanjang Sejarah

Allosaurus, Theropoda Terbesar Sepanjang Sejarah

Naviri Magazine - Allosaurus adalah dinosaurus theropoda besar yang hidup pada 155-150 juta tahun lalu, atau pada periode Jurassic akhir. Hewan ini juga kadang disebut dengan nama Antordemus, Creosaurus, Epantrias, Labrosaurus, dan Saurophaganax. Memiliki berat 2,3 ton dan panjang sekitar 8,5 meter, Allosaurus adalah predator bipedal besar.

Sisa-sisa fosil pertama yang secara pasti dianggap berasal dari Allosaurus digambarkan pada tahun 1877 oleh ahli paleontologi Otniel Charles Marsh. Sebagai salah satu dinosaurus theropoda terkenal, Allosaurus telah menjadi figur utama dalam beberapa film dokumenter tentang kehidupan prasejarah.

Tengkorak Allosaurus berukuran besar, dilengkapi puluhan gigi yang besar dan tajam. Kaki-kakinya besar dan kuat, dan tubuhnya juga dilengkapi ekor yang panjang serta berat.

Sebagai predator besar yang fosilnya paling melimpah, Allosaurus dipercaya berada di puncak rantai makanan, dan diperkirakan memangsa dinosaurus herbivora besar atau bahkan mungkin predator lain, semisal Ceratosaurus.

Baca juga: Brachiosaurus, Dinosaurus Terbesar yang Pernah Ditemukan

Related

Science 6675183748511257865

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item