Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar Sepanjang Masa

Argentinosaurus, Dinosaurus Terbesar Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Dinosaurus adalah hewan-hewan purba, yang—berdasarkan fosil-fosilnya—diketahui berukuran sangat besar, jauh lebih besar dibanding hewan-hewan di masa sekarang. Di antara hewan-hewan besar di masa purba itu, Argentinosaurus dianggap sebagai dinosaurus paling besar.

Argentinosaurus memiliki berat tubuh mencapai 90 ton, dengan panjang hingga 43 meter. Hewan itu juga memiliki leher sepanjang 9 meter, yang menjadikannya leluasa menjangkau makanan—daun-daunan dan tumbuh-tumbuhan—tanpa banyak menggerakkan tubuhnya yang sangat besar.

Kepala mereka juga relatif kecil, dengan otak yang beratnya diperkirakan hanya 113 gram. Sebagai perbandingan, otak manusia beratnya mencapai 1,4 kilogram.

Meski bertubuh sangat besar, telur Argentinosaurus relatif kecil, ukurannya hanya sekitar bola kaki. Tetapi, ketika telur itu menetas, bayi Argentinosaurus tumbuh cepat hingga beratnya bertambah 5,4 kilogram per hari.

Argentinosaurus dimasukkan ke dalam kelompok hewan raksasa yang disebut sauropoda, yang pernah hidup di bumi selama sekitar 140 juta tahun.

Baca juga: Pipistrelle, Spesies Kelelawar Paling Kecil di Dunia

Related

Science 6624603444361793496

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item