Buku Nikah Akan Segera Diganti Kartu Nikah, Begini Wujudnya

 Buku Nikah Akan Segera Diganti Kartu Nikah, Begini Wujudnya

Naviri Magazine - Pasangan yang telah menikah akan mendapatkan buku nikah yang berfungsi sebagai semacam bukti bahwa mereka telah menikah secara sah dan legal. Karena fungsi pentingnya tersebut, kadang buku nikah dipalsukan oleh orang tak bertanggung jawab, dengan berbagai tujuan. Kini, buku nikah akan segera diganti kartu nikah, yang salah satu tujuannya agar lebih sulit dipalsukan.

Kementerian Agama (Kemenag) akan segera menerbitkan kartu nikah, akhir November 2018, dengan fungsi sama dengan buku nikah. Seperti apa bentuknya?

Berdasarkan foto dari Dirjen Binmas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin, Minggu (11/11/2018), tampak kartu nikah tersebut berbentuk persegi panjang dengan tulisan Kementerian Agama dan 'Kartu Nikah' di atasnya.

Kartu nikah tersebut berlatar warna hijau, dengan banyak logo Kemenag yang dibuat transparan.

Kemudian, di bagian tengah ada foto pria dan wanita. Lalu di bagian bawah ada kode QR yang bisa di-scan, dan akan menampilkan data-data pasangan yang menikah tersebut.

"Buku Nikah dan Kartu Nikah yang akan diberikan kepada pasangan nikah diberi kode QR yang dapat dibaca dengan menggunakan barcode/QR scanner, yang tersambung dengan aplikasi simkah untuk mengatasi maraknya pemalsuan buku nikah," tutur Amin.

"Kartu nikah berisi tentang informasi pernikahan yang bersangkutan seperti nama, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, tempat dan tanggal nikah," jelasnya.

Amin menambahkan, penerbitan kartu nikah akan dimulai di kota-kota besar seperti Jakarta. Nantinya, kartu nikah benar-benar menggantikan peran buku nikah yang akan 'pensiun' pada 2020.

"Kita rencanakan 2020 buku nikah sudah tidak dipakai," tutur Amin.


Related

News 7815024196991315489

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item