Compsognathus, Dinosaurus Kecil Seukuran Ayam

Compsognathus, Dinosaurus Kecil Seukuran Ayam

Naviri Magazine - Kalau mendengar istilah dinosaurus, yang sering langsung terbayang dalam benak kita adalah hewan-hewan purba berukuran raksasa. Namun, sebenarnya, tidak semua dinosaurus berukuran besar atau raksasa. Salah satu dinosaurus yang berukuran kecil adalah compsognathus.

Compsognathus hanya memiliki tubuh sepanjang 0,6 meter, dan sebagian besar dari panjang itu adalah ekornya. Diperkirakan, hewan purba ini hanya sebesar ayam.

Para ahli percaya, bahwa di zaman dulu ada lebih banyak dinosaurus yang berukuran kecil daripada dinosaurus berukuran besar. Hanya saja, mereka menduga, fosil dinosaurus kecil sulit ditemukan karena telah hancur dan hilang.

Di mana tempat terbaik untuk menemukan fosil dinosaurus?

Tentu saja di museum. Banyak museum prasejarah yang memiliki koleksi tulang dinosaurus yang mengagumkan.

Namun, jika memang ingin berburu fosil dari zaman purba, maka tempat terbaik untuk menemukannya—kalau memang beruntung—adalah di dasar sungai atau di dekat pantai, karena bebatuan yang ada di zaman sekarang mungkin mengandung peninggalan zaman dulu.

Baca juga: Laika, Hewan Pertama yang Pergi ke Luar Angkasa

Related

Science 6053133629836430092

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item