Gonjiam, Tempat Paling Menyeramkan di Korea Selatan

Gonjiam, Tempat Paling Menyeramkan di Korea Selatan

Naviri Magazine - Banyak tempat yang terkenal memiliki lokasi angker atau menyeramkan, dan tempat-tempat itu populer justru karena menyeramkan. Di Korea Selatan juga ada tempat semacam itu, tepatnya di sebuah rumah sakit jiwa bernama Gonjiam.

Rumah sakit jiwa Gonjiam sering disebut sebagai tempat terseram di Korea Selatan. Bahkan, CNN pun memasukkan Gonjiam sebagai satu dari tujuh tempat paling berhantu di dunia.

Berlokasi di kota kecil Gwangju, bangunan tua yang sudah terbengkalai itu menjadi topik utama dari kisah-kisah hantu dan legenda urban negara gingseng tersebut.

Rumah sakit jiwa Gonjiam berhenti beroperasi dengan tiba-tiba pada awal 1990. Alasan penutupannya tidak jelas. Namun, berbagai rumor tersebar setelahnya.

Teori paling populer dari penutupan mendadak Gonjiam adalah; psikiater yang mengalami masalah kejiwaan, melakukan eksperimen kejam terhadap para pasiennya. Ketika hal ini diketahui oleh pemerintah Korea Selatan, mereka langsung menutup rumah sakit dan kabur ke Amerika Serikat.

Teori lain mengatakan, terjadi kematian pasien secara misterius di Gonjiam yang memaksa rumah sakit berhenti beroperasi. Beberapa orang menduga kematian misterius itu disebabkan hantu-hantu pasien terdahulu yang kembali untuk membalas dendam. Namun, kedua cerita ini belum terbukti kebenarannya.

Sementara itu, dilansir dari Atlas Obscura, Gonjiam ditutup karena ada masalah ekonomi, sanitasi, dan sistem pembuangan limbah. Ketika masalah tersebut semakin parah, pemiliknya memilih pergi ke luar negeri, dan tidak meninggalkan dokumentasi apa pun terkait bangunan tersebut. Akhirnya, rumah sakit jiwa itu pun ditutup untuk umum, dan dibiarkan terbengkalai hingga lebih dari 20 tahun.

Namun, meskipun gerbang Gonjiam tertutup rapat, para penikmat petualangan mengatakan, dengan beberapa usaha, kita bisa masuk ke dalam bangunan rumah sakit.

Mereka menyarankan untuk berjalan di sekitar pagar sampai menemukan celah kecil untuk merangkak masuk. Setelah itu, ikuti jalan kecil yang mengarah ke bangunan utama Gonjiam. Melalui cara tersebut, banyak orang yang akhirnya bisa masuk ke sana.

Di dalam Gonjiam, ditemukan mesin-mesin yang sudah berkarat, sisa obat-obatan, kasur kotor, dan sampah. Ruangan yang gelap dan lembap menambah reputasi angker dan menyeramkan.

Jika berniat berkunjung ke sana, pelajari dengan baik rutenya, karena para penduduk lokal tidak akan memberi tahu lokasi Gonjiam. Mereka cenderung diam ketika ditanya, bahkan terkadang membohongi pengunjung dengan memberikan alamat yang salah. Tidak jelas mengapa para warga melakukan hal tersebut.

Rumah sakit jiwa Gonjiam dulunya merupakan rumah bagi para pengidap penyakit mental, seperti skizofrenia dan gangguan kepribadian. Banyak pasien yang melakukan bunuh diri atau membunuh orang lain di sana.

Para pengunjung Gonjiam mengatakan, mereka selalu merinding saat berjalan di bangunan ini.

Baca juga: 5 Lokasi Paling Angker dan Berhantu di Hollywood

Related

World's Fact 1861340596840682915

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item