Ini Penyebab Banyak Orang Ingin Jadi Pegawai Negeri

Ini Penyebab Banyak Orang Ingin Jadi Pegawai Negeri

Naviri Magazine - Setiap kali ada kabar seleksi calon PNS, setiap kali pula ada banyak orang yang ramai menyerbu dengan mengirimkan surat lamaran. Peristiwa semacam itu hampir bisa dipastikan, karena nyatanya memang banyak orang Indonesia yang berharap ingin jadi pegawai negeri.

Sejak dulu, jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dinilai bergengsi bagi sebagian orang. Bahkan, saking diminati, ada yang menanggalkan akal sehat saat melamar profesi ini. Beragam cara dilakukan, mulai dari membawa jimat, hingga tergoda membayar nominal tertentu terhadap pihak yang diyakini dapat memuluskan jalannya.

Dalam tingkat ekstrem, ada pula yang depresi hingga bunuh diri karena gagal lolos seleksi. Tahun lalu, seperti yang diberitakan banyak media, seleksi Calon PNS (CPNS) memakan satu orang korban jiwa. DKM (31 tahun) merasa frustrasi lantaran telah gagal tes CPNS berkali-kali.

Tahun ini, menurut catatan Badan Kepegawaian Negara (BKN), adalah tahun dengan pelamar CPNS terbanyak dalam sejarah. Total, ada 4.436.694 pelamar.

Ada beberapa alasan yang memotivasi orang melamar jadi PNS, salah satunya karena profesi ini dianggap "enak". Punya gaji besar dan tetap, sementara jika pensiun nanti masih mendapat tunjangan setiap bulan.

Dari tingkat kesulitan, kerja PNS dianggap mudah dan bersifat administratif. Faktor lain yang memikat sebagian orang untuk melamar adalah perjalanan dinas atau penempatan yang bisa disambi jalan-jalan keliling Indonesia.

Baca juga: 3 Jenis Pekerjaan yang Terancam oleh Perkembangan Teknologi

Related

Career 7639943095029234060
item